<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR\r\nNEGERI KEPUTRAN 1 DAN SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON\r\nKOTA YOGYAKARTA"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) manajemen Kurikulum\r\nMerdeka di SDN Keputran 1 dan SDN Kraton serta (2) hambatan dalam manajemen\r\nKurikulum Merdeka di SDN Keputran 1 dan SDN Kraton\r\nJenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini\r\ndilaksanakan di dua sekolah dasar yaitu SDN Keputran 1 dan SDN Kraton\r\nYogyakarta. Subjek dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, wakil kurikulum,\r\ndan guru. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan\r\ndokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model interaktif dari Miles,\r\nHuberman, & Saldana (2014), yang meliputi: kondensasi data, penyajian data, dan\r\npenarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) manajemen Kurikulum\r\nMerdeka meliputi: (a) perencanaan kurikulum yang diawali dengan pembentukan\r\ntim kurikulum, menyusun Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP).\r\nUpaya guru untuk memahami Kurikulum Merdeka dengan belajar secara mandiri\r\nmelalui platform merdeka mengajar (PMM) dan mengikuti workshop, perumusan\r\ncapaian pembelajaran dan pemilihan tema P5, pembuatan modul ajar dan modul\r\nP5. (b) Pelaksanaan kurikulum dimulai dari pembelajaran intrakurikuler,\r\npembelajaran melalui projek penguatan profil pelajar pancasila (P5) dan\r\npembelajaran ekstrakurikuler yang sudah dialokasikan waktunya selama satu tahun.\r\n(c) Evaluasi pembelajaran terdiri dari asesmen formatif sumatif dan kriteria\r\nkenaikan kelas, Evaluasi Kurikulum Merdeka dilakukan setiap pekan, setiap bulan,\r\ndan akhir semester, monitoring proses pembelajaran, analisis penilaian siswa dan\r\nsupervisi akademik dan manajerial yang dilakukan kepala sekolah. (2) Hambatan\r\ndalam manajemen Kurikulum Merdeka meliputi kurangnya referensi, tidak adanya\r\nbimbingan teknis di awal penerapan, kurangnya pengalaman mengajar dalam\r\nmenerapkan pembelajaran yang berdiferensiasi, masih adanya guru yang\r\nmempertahankan gaya mengajar yang tidak memerdekakan siswa, miskomunikasi\r\nwali murid mengenai Kurikulum Merdeka, kurangnya peran orang tua, dan masih\r\nada siswa yang belum bisa membaca."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "ROHAENI"^^ . "APRILIANI"^^ . "ROHAENI APRILIANI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR\r\nNEGERI KEPUTRAN 1 DAN SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON\r\nKOTA YOGYAKARTA (Text)"^^ . . . . "HTML Summary of #88695 \n\nMANAJEMEN KURIKULUM MERDEKA DI SEKOLAH DASAR \nNEGERI KEPUTRAN 1 DAN SEKOLAH DASAR NEGERI KRATON \nKOTA YOGYAKARTA\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .