TY - THES Y1 - 2023/// ID - UNY88691 UR - http://eprints.uny.ac.id/88691/ N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa tinggi nilai Kepemimpinan KS, Guru, Kompetensi Guru, Kualitas pendidikan keluarga yang berjalan selama ini; kemampuan kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kepemimpinan KS terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kompetensi Guru terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kualitas Pendidikan Keluarga terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kepemimpinan dan Kompetensi Guru terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kepemimpinan dan Pendidikan Keluarga Guru terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, pengaruh Kompetensi Guru dan Pendidikan Keluarga terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini, dan pengaruh Kepemimpinan, Kompetensi Guru dan Pendidikan Keluarga terhadap Kemampuan Kognitif anak Usia Dini. Untuk mencapai tujuan tersebut, dilakukan penelitian dengan menggunakan metode survei. Populasi penelitian adalah kepala sekolah, guru, wali murid dan siswa sebanyak 120 responden; Penelitian menggunakan sampel yang diambil secara random dengan menggunakan rumus Slovin dengan taraf kesalahan 5%. Jumlah sampel 30 responden Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala Likert. Semua instrumen telah teruji validitas dan reliabilitasnya. Teknik analisis data dengan statistic perhitungan rata- rata dan persentase, serta analisis korelasi dan regresi tunggal dan ganda Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Kualitas kepemimpinan KS telah mencapai 32.4%; 2) Kompetensi guru telah mencapai 74.4%; 3) Pendidikan dalam keluarga telah mencapai 40,6%; 4) Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini telah mencapai 63,1%; 5) Pengaruh Kepemimpinan KS terhadap Kemampuan Anak Usia Dini mencapai 10,5%; 6) Pengaruh kompetensi Guru terhadap Kemampuan Anak Usia Dini mencapai 55,3% ; 7) Pengaruh Pendidikan Keluarga terhadap Kemampuan Anak Usia Dini mencapai 16,5%; 8) Pengaruh Kepemimpinan KS dan kompetensi guru terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini mencapai 74,5%: 9) Pengaruh Kepemimpinan KS dan Pendidikan dalam Keluarga terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini mencapai 54,5%; 10) Pengaruh kompetensi guru dan Pendidikan Keluarga terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini mencapai 79,2%; 11) Pengaruh Kepemimpinan KS, kompetensi guru dan Pendidikan Keluarga secara Bersama-sama terhadap Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini mencapai 79,5%. TI - PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPETENSI GURU, DAN PENDIDIKAN DALAM KELUARGA TERHADAP KEMAMPUAN KOGNITIF (CALISTUNG) ANAK USIA DINI DIKAPANEWON BANGUNTAPAN BANTUL YOGYAKARTA M1 - tesis AV - restricted A1 - WIDOWATI, NURENI PB - Fakultas Ilmu Pendidikan KW - kepemimpinan kepala sekolah KW - kompetensi guru KW - pendidikan dalam keluarga KW - Calistung anak usia dini ER -