@phdthesis{UNY88688, title = {MANAJEMEN KURIKULUM PADA SEKOLAH PENYELENGGARA PENDIDIKAN INKLUSI DI SD NEGERI KARANGANYAR DAN SD NEGERI GIWANGAN YOGYAKARTA}, author = {SHINTA KUSUMA AYUNINGTYAS}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, year = {2023}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan manajemen kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di SD Negeri Karanganyar dan SD Negeri Giwangan Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, koordinator kurikulum, guru kelas, dan guru pembimbing khusus. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data mengacu pada model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana (2014) yaitu interactive model, dengan langkah-langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen kurikulum pada sekolah penyelenggara pendidikan inklusi di SD Negeri Karanganyar dan SD Negeri Giwangan terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan evaluasi. (1) Perencanaan kurikulum inklusi disusun oleh tim pengembang kurikulum yang kemudian guru menyusun dan mensosialisasikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) serta silabus menggunakan kurikulum 2013 modifikasi dan Kurikulum Merdeka. (2) Pengorganisasian kurikulum inklusi dilakukan modifikasi untuk menyesuaikan kebutuhan anak berkebutuhan khusus di sekolah yang disesuaikan dengan visi, misi, dan tujuan sekolah. (3) Pelaksanaan kurikulum inklusi dilaksanakan oleh semua stakeholders sekolah, dalam kegiatan belajar anak berkebutuhan khusus menggunakan kelas reguler dan pull out dengan di dampingi guru pembimbing khusus. (4) Evaluasi kurikulum inklusi dilakukan oleh tim pengembang kurikulum di akhir tahun ajaran berdasarkan capaian dan hambatan guru, sedangkan evaluasi sumatif dilaksanakan setiap akhir semester.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/88688/}, keywords = {Manajemen kurikulum, pendidikan inklusi, sekolah dasar} }