<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINS\r\nYANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 4C\r\nDI SEKOLAH VOKASI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui fungsi manajemen dalam proses\r\nberikut: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan dan (4) evaluasi\r\npembelajaran Creativity, Critical Thinking, Collaboration, and Communication\r\nmata pelajaran sains.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Lokasi penelitian di\r\nSMTI Yogyakarta, SMTI Makassar, SMTI Padang, SMAK Padang, SMTI Banda\r\nAceh, dan SMAK Bogor. Subjek penelitian terdiri dari 30 guru sains yang\r\nmengampu mata pelajaran sains di 6 sekolah. Pengumpulan data dilakukan\r\ndengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik keabsahan\r\ndata yang digunakan dalam penelitian ini adalah triangulasi. Analisis data yang\r\ndilakukan menggunakan model interaktif Miles, Huberman, dan Saldana. Hasil\r\npenelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan pembelajaran sains yang\r\nberorientasi pada kemampuan 4C dilakukan guru dengan menyusun RPP. (2)\r\nPengorganisasian pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C\r\nterdiri dari dua hal: (a) Pengorganisasian melalui RPP mengacu pada Taksonomi\r\nBloom. (b) Pengorganisasian melalui kegiatan pembelajaran yang terdiri dari:\r\nstimulation (pemberian stimulus), problem statement (identifikasi masalah), data\r\ncollection (pengumpulan data), verification (menguji hasil), dan generalization\r\n(generalisasi). (3) Pelaksanaan pembelajaran sains yang berorientasi pada\r\nkemampuan 4C : (a) creativity (kreativitas) dilakukan guru dengan mengadakan\r\nkompetisi menjawab soal, menuntut siswa membuat jawaban berbeda, membuat\r\nproduk, melakukan modifikasi, praktikum, dan literasi. (b) critical thinking\r\n(berpikir kritis) dilakukan guru dengan meminta siswa menganalisis artikel,\r\nmembuat media, memberikan contoh kasus, mengajak siswa untuk berpikir, dan\r\nmemberikan soal pertanyaan. (c) collaboration (kolaborasi) dilakukan guru\r\ndengan meminta siswa berdiskusi dan mengerjakan project kelompok. (d)\r\ncommunication (komunikasi) dilakukan guru dengan meminta siswa menjawab\r\npertanyaan, mempresentasikan hasil diskusi, menuliskan jawaban di papan tulis,\r\nmeminta siswa bertanya, mengkirtisi dan memberikan saran. (4) Evaluasi\r\npembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C terdiri dari: (a)\r\nMotivasi belajar siswa ada yang antusias dan aktif. (b) Faktor pendukung\r\nkeberhasilan pembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C:\r\nkreativitas guru, kesiapan guru, sarana dan prasaran, sarana dan prasarana,\r\nmotivasi siswa, kualitas SDM Pengajar, waktu yang cukup, materi yang sesuai,\r\nkurikulum yang sesuai, dan kerjasama siswa dan guru. (c) Kendala pembelajaran\r\nsains yang berorientasi pada kemampuan 4C adalah: tidak semua materi cocok\r\ndibuat pembelajaran 4C, adanya peer teaching, kurangnya persiapan guru, siswa\r\nkurang memahami Matematika Dasar, keterbatasan waktu pembelajaran. (d)\r\nUpaya untuk mengatasi kendala pembelajaran sains yang berorientasi pada\r\nkemampuan 4C adalah 4C pemberian sistem point, diskusi sesama rekan kerja,\r\nkoordinasi dengan wali kelas, siswa memahami materi lewat video, mengajak\r\nsiswa literasi, memperbaiki Matematika Dasar siswa, persiapan guru yang\r\nmatang, dan penambahan tugas di luar KBM. (e) Harapan-harapan guru terhadap\r\npembelajaran sains yang berorientasi pada kemampuan 4C adalah sebagai berikut:\r\nsiswa dapat belajar mandiri dan mencari sumber belajar lain, memahami\r\nkompetensi dasar, mudah mendapatkan pekerjaan, mampu mengembangkan\r\nperalatan sistem komputer, memahami alat-alat teknologi, mengaplikasikan ilmu\r\ndi pelajaran lain, disiplin dan percaya diri, mampu berpikir kritis dan\r\nberkomunikasi dengan baik."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Yatini"^^ . "Yatini"^^ . "Yatini Yatini"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "MANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINS\r\nYANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 4C\r\nDI SEKOLAH VOKASI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88684 \n\nMANAJEMEN PEMBELAJARAN SAINS \nYANG BERORIENTASI PADA KEMAMPUAN 4C \nDI SEKOLAH VOKASI KEMENTERIAN PERINDUSTRIAN\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .