eprintid: 8865 rev_number: 13 eprint_status: archive userid: 3 dir: disk0/00/00/88/65 datestamp: 2012-12-13 04:37:39 lastmod: 2019-01-29 17:48:42 status_changed: 2012-12-13 04:37:39 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: INUNG , PRATIWI corp_creators: DHYAH SETYORINI, M.Si., Ak corp_creators: ANI WIDAYATI, M.Pd corp_creators: SUKANTI, M.Pd title: PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI RECIPROCAL TEACHING MODEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MATERI MENGELOLA ADMINISTRASI SURAT BERHARGA JANGKA PENDEK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012 ispublished: pub subjects: eko_akuntansi subjects: perpus divisions: fe_pend_akuntansi divisions: upt_perpus full_text_status: public abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatkan penguasaan konsep siswa dalam pelajaran Akuntansi Keuangan dengan menggunakan Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta, (2) meningkatkan kemandirian belajar siswa melalui Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta, (3) mengetahui respon siswa kelas X Akuntansi 1 terhadap pembelajaran Akuntansi Keuangan melalui Reciprocal Teaching Model. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek siswa kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta sebanyak 36 orang. Istrumen yang digunakan meliputi: lembar observasi kemandirian belajar, soal tes penguasaan konsep, catatan lapangan, dan angket respon siswa. Pelaksanaan pembelajaran Akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model mampu meningkatkan penguasaan konsep dan kemandirian belajar siswa kelas X SMK Negeri 7 Yogyakarta yang meliputi: (1) kegiatan awal: guru menyampaikan apersepsi dan motivasi mengenai materi yang dipelajari; (2) kegiatan inti: kerja kelompok yang meliputi diskusi clarifying, diskusi predicting, diskusi questioning, diskusi summarizing, dan presentasi kelompok; (3) penutup: guru mengajak siswa menyimpulkan materi yang telah dipelajari. Setelah dilaksanakan pembelajaran Akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model di kelas X Akuntansi 1 SMK Negeri 7 Yogyakarta terjadi peningkatan penguasaan konsep yang terlihat dari hasil tes penguasaan konsep yang mengalami peningkatan setelah siklus II, yaitu sebanyak 35 siswa atau 97,2% dari banyak siswa kelas X Akuntansi 1 mengalami peningkatan pada skor total penguasaan konsep hingga kategori baik. Hal ini sejalan dengan hasil observasi kemandirian belajar siswa yang mengalami peningkatan dilihat dari hasil observasi kemandirian belajar siswa pada siklus I sebesar 76,74% (kategori baik) dan siklus II naik menjadi 88,89% (kategori sangat baik). Di samping itu, hasil angket respon siswa menunjukkan bahwa siswa kelas X Akuntansi 1 merespon positif (baik) pelaksanaan pembelajaran akuntansi dengan Reciprocal Teaching Model. date: 2012-10 date_type: published institution: UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA department: FAKULTAS EKONOMI thesis_type: skripsi citation: INUNG , PRATIWI (2012) PEMBELAJARAN AKUNTANSI MELALUI RECIPROCAL TEACHING MODEL UNTUK MENINGKATKAN PENGUASAAN KONSEP DAN KEMANDIRIAN BELAJAR DALAM MATERI MENGELOLA ADMINISTRASI SURAT BERHARGA JANGKA PENDEK SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 7 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN 2011/2012. S1 thesis, UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA. document_url: http://eprints.uny.ac.id/8865/1/cover%20-08403241003.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8865/2/bab%201%20-08403241003.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8865/3/bab%202%20-08403241003.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8865/4/bab%205%20-08403241003.pdf document_url: http://eprints.uny.ac.id/8865/5/lampiran%20-08403241003.pdf