<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Green Skills pada Elemen \r\nGambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan model pembelajaran \r\nFlipped Classroom yang dapat digunakan untuk meningkatkan Green Skills siswa \r\npada elemen gambar teknik di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK). (2) Menilai \r\nkelayakan model Flipped Classroom dalam meningkatkan Green Skills siswa pada \r\nelemen gambar teknik di SMK berdasarkan validasi ahli. (3) Menganalisis \r\npengaruh model pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan Green \r\nSkills siswa pada elemen gambar teknik di SMK. (4) Menganalisis keefektifan \r\nmodel pembelajaran Flipped Classroom dalam meningkatkan Green Skills siswa \r\npada elemen gambar teknik di SMK. \r\nPenelitian ini merupakan Research and Development (R&D) menggunakan \r\nmodel pengembangan 4D yang dikembangkan oleh Thiagarajan terdiri dari tahapan \r\nDefine, Design, Develop, dan Disseminate. Populasi penelitian adalah SMK dengan \r\nkonsentrasi keahlian Teknik Konstruksi dan Perumahan di Kota Medan dan \r\nKabupaten Deli Serdang. Subjek penelitian adalah siswa kelas X di SMK Negeri 1 \r\nPercut Sei Tuan sebanyak 30 orang sebagai kelas eksperimen dan SMK Negeri 2 \r\nMedan sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Desain uji coba menggunakan \r\nQuasi Experimental Design untuk menganalisis pengaruh dan efektivitas model \r\npembelajaran. Pengumpulan data penelitian meliput observasi, wawancara, \r\npenyebaran angket skala likert, tes pilihan ganda dan essay serta LKPD yang telah \r\ndivalidasi oleh ahli materi, ahli media dan ahli pengguna. Analisis data yang \r\ndigunakan adalah uji Independent Sample T Test dan uji N-Gain. \r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Model pembelajaran Flipped \r\nClassroom terintegrasi Green Skills pada elemen gambar teknik di SMK berhasil \r\ndikembangkan melalui tahapan 4D dengan 3 siklus meliputi 6 sintaks pembelajaran. \r\n(2) Hasil validasi yang dilaksanakan melalui Focus Group Discussion (FGD) oleh \r\nahli materi, ahli media, dan ahli pengguna menunjukkan bahwa model \r\npembelajaran masuk dalam kategori Layak Digunakan, dengan rata-rata hasil \r\nvalidasi ahli materi sebesar 86,20, ahli media sebesar 76,46, dan ahli pengguna \r\nsebesar 85,41. (3) Uji t menunjukkan perbedaan signifikan (p = 0,000; < 0,05) \r\ndengan nilai effect size Cohen's d (d = 3.32; > 1.00), sehingga model pembelajaran \r\nFlipped Classroom terbukti berpengaruh Sangat Besar dalam meningkatkan Green \r\nSkills siswa SMK. (4) Uji efektivitas melalui N-Gain menunjukkan kategori Cukup \r\nEfektif (60,58%) pada kelas eksperimen dan Kurang Efektif (50,47%) pada kelas \r\nkontrol. Hasil ini menunjukkan bahwa model pembelajaran Flipped Classroom \r\nmampu meningkatkan Green Skills siswa, khususnya dalam aspek pemahaman \r\ndasar-dasar gambar teknik dan konsep rumah ramah lingkungan."^^ . "2025-10-14" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Pendidkan Teknologi dan Kejuruan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Ridho"^^ . "Azahar"^^ . "Ridho Azahar"^^ . . "V. Lilik"^^ . "Hariyanto"^^ . "V. Lilik Hariyanto"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Green Skills pada Elemen \r\nGambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88644 \n\nPengembangan Model Pembelajaran Flipped Classroom Terintegrasi Green Skills pada Elemen \nGambar Teknik di Sekolah Menengah Kejuruan.\n\n" . "text/html" . . . "Pasca Sarjana" . .