%L UNY8864 %K Motivasi, IPS, snowball throwing. %A Lancarwati Vivi Ria %X Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode snowball throwing dapat meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 4 Satuatap Bawang dan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII di SMP N 4 Satuatap Bawang. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang mencakup perencanaan (planning), pelaksanaan tindakan (action), observasi, dan refleksi (reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas VIII SMP N 4 Satuatap Bawang yang berjumlah 25 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan angket. Instrumen penelitian menggunakan lembar observasi, pedoman wawancara, dokumentasi dan angket. Keabsahan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik triangulasi metode. Penelitian ini menggunakan bentuk analisis data yaitu analisis kualitatif yang meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini adalah apabila persentase motivasi belajar siswa mencapai 75%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan metode snowball throwing mampu meningkatkan motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 4 Satuatap Bawang. Hal ini terlihat dengan adanya kenaikan persentase motivasi belajar IPS siswa kelas VIII SMP N 4 Satuatap Bawang, yaitu pada pra tindakan atau sebelum diterapkan metode snowball throwing adalah 68, 80%. Pada pelaksanaan tindakan metode snowball throwing siklus I sebesar 74, 76% dan pada siklus II meningkat menjadi 80, 36%. Hal ini berarti bahwa motivasi belajar siswa telah melampaui kriteria keberhasilan yang ditetapkan yaitu 75%. Kata Kunci: Motivasi, IPS, snowball throwing. %T PENINGKATAN MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS VIII DENGAN MENGGUNAKAN METODE SNOWBALL THROWING DI SMP N 4 SATUATAP BAWANG BANJARNEGARA %I UNIVERSITAS NEGERI YOGYAKARTA %D 2012