relation: http://eprints.uny.ac.id/88620/ title: Pengembangan Model Pembelajaran IPA Inkuiri ETNIK- STEAM Topeng Panji Bobung Gunung Kidul Yogyakarta. creator: Kartika, Ika creator: Wilujeng, Insih subject: Ilmu Pengetahuan Alam description: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model pembelajaran IPA Inkuiri ETNIK-STEAM yang dirancang untuk meningkatkan Keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli budaya mahasiswa. Tujuan khusus penelitian ini meliputi: (1) menghasilkan model pembelajaran IPA Inkuiri ETNIK- STEAM; (2) menguji kelayakan model; (3) menguji kepraktisan dan keterlaksanaan model dalam konteks pembelajaran di perguruan tinggi; dan (4) menguji keefektifan model dalam meningkatkan Keterampilan berpikir kritis serta sikap peduli budaya mahasiswa. Penelitian ini merupakan jenis Research and Development (RnD) yang menggunakan model pengembangan ADDIE, yang mencakup tahapan analyze, design, develop, implement, dan evaluate. Subjek pada tahap analisis meliputi dosen IPA dan Fisika dari perguruan tinggi negeri dan swasta, serta mahasiswa UIN Sunan Kalijaga. Subjek uji coba produk terdiri dari mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, dan Universitas Negeri Yogyakarta. Analisis kebutuhan diperoleh melalui kuesioner terbuka. Validitas konten diuji menggunakan teknik Delphi dengan melibatkan delapan dosen ahli dan lembar penilaian. Uji coba awal dilaksanakan dalam skala kecil pada satu kelas selama tiga kali pertemuan, dengan pengumpulan data melalui lembar observasi dan kuesioner terbuka. Pada tahap ini, dosen mitra memberikan umpan balik kualitatif terhadap kepraktisan model pembelajaran IPA Inkuiri ETNIK-STEAM. Validitas konstruk diuji melalui desain eksperimen yang melibatkan tiga kelas (kelas eksperimen, kontras 1, dan kontras 2) selama lima kali pertemuan, dengan data yang diperoleh dari lembar observasi kepraktisan, soal keterampilan berpikir kritis, dan angket sikap peduli budaya. Selama proses uji coba, lima dosen mitra turut mengobservasi pelaksanaan model dan memberikan masukan untuk penyempurnaan. Analisis validitas konten dilakukan menggunakan koefisien Aiken’s V, kepraktisan dianalisis secara deskriptif, dan validitas konstruk dianalisis dengan general linear model melalui MANOVA untuk mengetahui perbedaan skor antar kelas. Besarnya pengaruh model diukur menggunakan nilai effect size melalui partial eta squared. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran ini memiliki empat keunggulan utama, yaitu: (1) karakteristik model yang mencakup sintaks berbasis inkuiri, etnosains dan STEAM, sistem sosial, prinsip reaksi, sistem pendukung, dampak instruksional dan pengiring, serta perangkat pembelajaran lengkap; (2) kelayakan model yang dinyatakan sangat layak berdasarkan penilaian ahli, sedangkan instrumen penilaian memiliki tingkat validitas sangat valid (Aiken’s V 0,958–1,000); (3) kepraktisan model dinilai sangat baik dan mudah diimplementasikan, dengan skor kepraktisan 4,85 dan keterlaksanaan 82,5%; dan (4) keefektifan model yang terbukti secara statistik signifikan dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis (N-Gain 0,47; Cohen’s d = 3,20) dan sikap peduli budaya (N-Gain 0,36; Cohen’s d = 1,67), berdasarkan hasil analisis MANOVA yang menunjukkan perbedaan yang bermakna antar kelompok (p < 0,05), dengan nilai eta squared sebesar 0,075 yang menunjukkan efek sedang. Efek sedang ini menandakan bahwa model memberikan pengaruh yang cukup kuat terhadap transformasi keterampilan berpikir kritis dan sikap peduli budaya mahasiswa. Model ini berkontribusi dalam membentuk pemahaman mahasiswa yang lebih reflektif terhadap sains dan budaya lokal, serta meningkatkan kemampuan kolaboratif dan sensitivitas sosial. Dengan demikian, model ini layak untuk diterapkan secara luas dalam konteks pendidikan guru IPA di Indonesia. date: 2025-07-31 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/88620/1/disertasi_ika%20kartika_21703261012.pdf identifier: Kartika, Ika and Wilujeng, Insih (2025) Pengembangan Model Pembelajaran IPA Inkuiri ETNIK- STEAM Topeng Panji Bobung Gunung Kidul Yogyakarta. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.