TY - THES ID - UNY88619 Y1 - 2025/06/30/ UR - http://eprints.uny.ac.id/88619/ PB - Sekolah Pascasarjana KW - blended learning KW - Humanis-Religius KW - model pembelajaran KW - Pendidikan Agama Islam KW - pendidikan tinggi umum TI - Pengembangan Model Pembelajaran Humanis-Religius Dengan Blended Learning pada Mata Kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum, N2 - Penelitian ini bertujuan 1) menghasilkan definisi model pembelajaran HRBL pada mata kuliah PAI di PTU, 2) menghasilkan rancangan model pembelajaran HRBL pada mata kuliah PAI di PTU, 3) menghasilkan model pembelajaran HRBL yang layak untuk didesiminasikan, dan 4) menghasilkan model pembelajaran HRBL yang efektif dalam internalisasi nilai-nilai ajaran Islam pada mata kuliah PAI di PTU. Metode penelitian yang digunakan adalah design and development research kategori model-oriented, yang bertujuan menyusun dan memformulasikan model konseptual pembelajaran humanis-religius berbasis blended learning dalam mata kuliah Pendidikan Agama Islam di Perguruan Tinggi Umum (PTU). Proses pengembangan dilakukan melalui tahapan 4D, yaitu Define, Design, Develop, dan Disseminate. Analisis data terhadap validitas konten produk pengembangan dilakukan menggunakan formula Aiken?s V (content-validity coefficient) dan telah telah uji efektifitas pembelajaran di kelas dengan menggunakan metode Uji Wilcoxon Signed-Rank terhadap hasil pre-test dan post-test. Penelitian menyimpulkan bahwa 1) model pembelajaran HRBL pada mata kuliah PAI di PTU merupakan hasil sintesis antara teori pembelajaran PAI yang humanis-religius dan strategi blended learning, 2) model Pembelajaran HRBL tersusun atas sintak pembelajaran, sistem sosial, sistem pendukung, prinsip reaksi, serta dampak instruksional dan iringan, 3) validasi ahli menghasilkan nilai Aiken?s V sebesar 0,85 dan hal ini menunjukkan bahwa model ini layak sebagai model pembelajaran yang inovatif, dan 4) analisis terhadap data uji coba menunjukkan bahwa terjadi peningkatan dengan rata-rata kenaikan 15,50 angka. Asymp. Sig. <0,001 yang lebih kecil dari batas atas 0,05. Hasil observasi juga menunjukkan terjadi proses internalisasi nilai Islam, sehingga model pembelajaran HRBL dinilai efektif untuk meningkatkan internalisasi nilai Islam yang dipelajari oleh mahasiswa. A1 - Ilyasir, Fiska A1 - Surjono, Herman Dwi AV - restricted M1 - disertasi ER -