<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN KINERJA GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH\r\nKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU\r\nPEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan dan mengukur: (1) pengaruh\r\nkepemimpinan kepala sekolah terhadap mutu pembelajaran; (2) pengaruh kepemimpinan\r\nkepala sekolah terhadap kinerja guru; (3) pengaruh kinerja guru terhadap mutu\r\npembelajaran; (4) peran kinerja guru dalam memediasi pengaruh kepemimpinan kepala\r\nsekolah terhadap mutu pembelajaran di sekolah dasar.\r\nPenelitian ini adalah penelitian asosiatif kausal dengan menggunakan pendekatan\r\nkuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh sekolah dasar yang ada di\r\nKabupaten Flores Timur sebanyak 280 sekolah, dan yang menjadi sampel penelitian\r\nsebanyak 57 sekolah. Teknik pengambilan sampel penelitian menggunakan teknik\r\nmultistage random sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah\r\nkuesioner, dan skala penilaian menggunakan rating scale dengan empat alternatif\r\njawaban. Uji validitas menggunakan uji convergent validity dan kemudian uji reliabilitas\r\ninstrumen menggunakan composite reliablility. Teknik analisis data menggunakan\r\nanalisis deskriptif dan analisis kuantitatif. Analisis kuantitatif menggunakan metode\r\nStructural Equation Modelling-Partial Least Square (SEM-PLS).\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) kepemimpinan kepala sekolah\r\nberpengaruh positif dan signifikan terhadap mutu pembelajaran dilihat dari nilai\r\nkoefisien jalur sebesar 0,339 dan nilai p-value 0,011; (2) kepemimpinan kepala sekolah\r\nberpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja guru dilihat dari nilai koefisien jalur\r\nsebesar 0,713 dan nilai p-value 0,000; (3) kinerja guru berpengaruh positif dan signifikan\r\nterhadap mutu pembelajaran dilihat dari nilai koefisien jalur sebesar 0,444 dan nilai p-\r\nvalue 0,001; (4) kepemimpinan kepala sekolah memberikan pengaruh positif dan\r\nsignifikan terhadap mutu pembelajaran dimediasi oleh kinerja guru dilihat dari nilai\r\nkoefisien jalur sebesar 0,713 dan nilai p-value 0,002. Penelitian ini menyimpulkan bahwa\r\nkepemimpinan kepala sekolah dan kinerja guru memiliki peran yang sangat penting atau\r\nberarti terhadap mutu pembelajaran."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "ANTONIUS MARIO S. B"^^ . "PAJI"^^ . "ANTONIUS MARIO S. B PAJI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PERAN KINERJA GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH\r\nKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU\r\nPEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88550 \n\nPERAN KINERJA GURU DALAM MEMEDIASI PENGARUH \nKEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MUTU \nPEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .