relation: http://eprints.uny.ac.id/88548/ title: PENINGKATAN PEMAHAMAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SISWA KELAS XI SMK N 2 TARAKAN MELALUI APLIKASI REVIT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. creator: Sadewandani, Rizki Ilham creator: Sudira, Putu subject: Pendidikan Kejuruan subject: Teknik Sipil dan Perencanaan description: Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas model pembelajaran kooperatif STAD (Student Teams Achievement Division) yang diintegrasikan dengan aplikasi Revit dalam meningkatkan pemahaman perancangan arsitektur siswa kelas XI DPIB SMKN 2 Tarakan. Selain itu, penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan kontribusi model tersebut dalam mengatasi keterbatasan fasilitas pembelajaran serta membandingkan dampaknya terhadap pemerataan pemahaman siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif, dilaksanakan dalam tiga siklus. Subjek penelitian adalah 15 siswa kelas XI DPIB SMKN 2 Tarakan. Tes pra dan pasca, pengamatan aktivitas instruktur dan siswa, kuesioner respons siswa, dan dokumentasi hasil kerja kelompok semuanya digunakan untuk mengumpulkan data. Instrumen penelitian meliputi lembar observasi, angket dengan skala Likert, dan tes yang telah divalidasi oleh ahli. Teknik analisis data mencakup analisis deskriptif kuantitatif (mean, standar deviasi) dan kualitatif (analisis isi), serta uji statistik paired t-test untuk mengukur signifikansi peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan signifikan dalam pemahaman siswa, dengan rata-rata nilai post-test meningkat dari 50 (siklus I) menjadi 86 (siklus III) dan ketuntasan klasikal mencapai 100%. Aktivitas kolaboratif siswa juga meningkat, ditunjukkan oleh partisipasi diskusi yang naik dari 71,87% menjadi 93,75%. Integrasi STAD dan Revit terbukti efektif dalam memfasilitasi pembelajaran visual dan kolaboratif, meskipun memerlukan adaptasi awal. Saran yang diajukan antara lain penerapan model ini secara berkala oleh guru, peningkatan kompetensi teknologi, serta penyediaan fasilitas pendukung oleh sekolah. Penelitian lanjutan disarankan untuk mengeksplorasi faktor eksternal dan variasi tools desain lainnya. date: 2025-10-06 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/88548/1/tesis_rizki%20ilham%20sadewandani_22702259006.pdf identifier: Sadewandani, Rizki Ilham and Sudira, Putu (2025) PENINGKATAN PEMAHAMAN PERANCANGAN ARSITEKTUR SISWA KELAS XI SMK N 2 TARAKAN MELALUI APLIKASI REVIT DALAM MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana.