<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Evaluasi Implementasi Program Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) Bidang Tahfiẓ Di Kabupaten Aceh Besar."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi implementasi program SPT bidang tahfiẓ pada tingkat SMP di Kabupaten Aceh Besar ditinjau dari aspek antecedent, transaction, dan outcome. Selain itu penelitian ini juga bertujuan untuk menemukan kendala dalam pelaksanaan program SPT bidang tahfiẓ di Kabupaten Aceh Besar.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian evaluasi dengan pendekatan mix method (concurrent embedded). Model evaluasi yang digunakan yaitu Countenance Stake. Subjek penelitian sebanyak 361 peserta didik kelas IX dan 12 pendidik bidang tahfiẓ SPT dari 5 SMPN di Kabupaten Aceh Besar. Pengumpulan data menggunakan angket (tertutup dan terbuka), observasi, dan telaah dokumen berupa skala likert dengan rentang pilihan 1-5. Pembuktian validitas isi dengan formula Aiken’s dan validitas konstruk menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Estimasi reliabilitas menggunakan Cronbach Alpha dengan hasil masing-masing instrumen sebesar 0,89-0,99. Analisis statistik deskriptif digunakan untuk menganalisis data dan melakukan pengkategorian keberhasilan yang terdiri dari sangat baik, baik, cukup baik, tidak baik, dan sangat tidak baik.\r\nHasil penelitian sebagai berikut: (1) Aspek antecedent baik dari sisi peserta didik dan pendidik yang meliputi ketersediaan sarana pembelajaran, kesiapan SDM, kesesuaian strategi pembelajaran dan penyusunan kegiatan pembelajaran sangat baik. (2) Aspek transaction menunjukkan bahwa proses pelaksanaan berada pada kategori baik. (3) Aspek outcome menunjukkan kriteria sangat baik pada aspek peningkatan jumlah peserta didik yang dapat membaca al-qur’an dan peserta didik yang mulai menghafal al-qur’an, namun pada aspek jumlah hafalan yang sesuai ketuntasan minimal yang telah ditetapkan oleh dinas pendidikan terkait masih sangat kurang. Kendala yang dihadapi oleh pendidik antara lain yaitu minimnya kemampuan peserta didik dalam membaca al-qur’an sehingga sulit untuk melanjutkan pada proses menghafal, keterbatasan waktu yang dimiliki, penempatan jadwal pelajaran tahfiẓ yang tidak berada pada waktu pagi hari, minimnya ketersediaan pendidik yang ada, dan minimnya dukungan orang tua. Rekomendasi yang diberikan yaitu sekolah dan dinas pendidikan kabupaten Aceh Besar melakukan pemetaan kemampuan peserta didik untuk menentukan metode pembelajaran yang tepat, penambahan jumlah pendidik tahfiẓ, penyesuaian jadwal dan durasi pelaksanaan, melakukan pengecekan berkala terhadap dokumen pembelajaran, melakukan tes diagnostik untuk menyesuaikan pendekatan pembelajaran, dan melakukan kerja sama antara sekolah, orang tua, dan dinas pendidikan setempat dalam menyukseskan implementasi Program SPT bidang tahfiẓ."^^ . "2025-08-14" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Marzuki"^^ . "Marzuki"^^ . "Marzuki Marzuki"^^ . . "Shaufi"^^ . "Ramadhani"^^ . "Shaufi Ramadhani"^^ . . . . . . "Evaluasi Implementasi Program Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) Bidang Tahfiẓ Di Kabupaten Aceh Besar. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88544 \n\nEvaluasi Implementasi Program Sistem Pendidikan Terpadu (SPT) Bidang Tahfiẓ Di Kabupaten Aceh Besar.\n\n" . "text/html" . . . "Agama"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Studi Islam" . .