<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis website."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengkonstruksi instrumen penilaian keterampilan proses sains siswa SMA pada mata pelajaran Fisika, (2) mengukur kualitas instrumen penilaian keterampilan proses sains berdasarkan karakteristik butir dan kualitas penyetaraan, (3) membangun web-based assessment dan mengungkapkan kualitas dari web-based assessment, (4) mengidentifikasi profil keterampilan proses sains siswa pada mata pelajaran Fisika, (5) mengungkap kepraktisan dari penggunaan web-based assessment.\r\nPenelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE sebagai model dan dikombinasikan dengan model pengembangan instrumen oleh Istiyono (2020). Tahapan analyze dilakukan analisis kebutuhan akan pengembangan instrumen dan media web-based assessment; tahap design dilakukan penyusunan kisi-kisi, sedangkan media merencang fitur-fitur yang dibutuhkan; tahap develop dilakukan perakitan butir soal, validasi isi, uji coba instrumen, analisis hasil uji coba, sedangkan media dilakukan pembuatan web- based assessment dan validasi oleh ahli media; Tahapan implement merupakan tahapan penggabungan dari kedua produk, instrumen yang valid, reliabel dan karakteristik butir yang baik dilakukan digitalisasi serta dilakukan pengukuran serta dilihat respon pengguna terhadap kepraktisan dari media yang dikembangkan; dan tahapan evaluate dilakukan sewaktu menganalisis dan menyimpulkan kelayakan instrumen dan media sebelum dan sesudah impelementasi. Sampel yang terlibat pada uji coba instrumen adalah sebanyak 813 siswa yang telah mempelajari bab gelombang. Pengukuran pada penelitian ini melibatkan 102 siswa kelas XI. Validasi isi dianalisis menggunakan pendekatan Aiken’s V, validasi konstruk dibuktikan menggunakan analisis CFA, analisis karakteristik butir menggunakan model GPCM dan penyetaraan menggunakan kalibrasi bersama.\r\nHasil dari penelitian yang dilakukan menghasilkan beberapa hal diantaranya, (1) konstruksi instrumen penilaian keterampilan proses sains yang dikembangkan memiliki tiga paket tes dengan paket A berjumlah 27 soal, paket B 29 soal dan paket C 23 soal dengan 7 anchor item dengan bentuk two-tier multiple choice. (2) instrumen yang dikembangakn memiliki karakteristik butir yang baik berdasarkan validasi isi dan konstruk, analisis teori respon butir dengan GPCM, dan penyetaraan yang baik. (3) web-based assessment yang dikebangkan sudah baik berdasrkan hasil validasi oleh ahli media dan respon pengguna. (4) Pengukuran KPS yang dilakukan menunjukkan sebanyak 20,6% siswa masuk kategori sangat rendah, 12,75% kategori rendah, 19,60% siswa termasuk dalam kategori tinggi dan 47,05% siswa memiliki keterampilan sangat tinggi."^^ . "2025-08-11" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Muhammad"^^ . "Iqbal"^^ . "Muhammad Iqbal"^^ . . "Edi"^^ . "Istiyono"^^ . "Edi Istiyono"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis website. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88543 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Keterampilan Proses Sains Pada Mata Pelajaran Fisika Berbasis website.\n\n" . "text/html" . . . "Teknologi Pendidikan"@en . . . "Fisika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . . . "Media Pendidikan" . .