eprintid: 88541 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/85/41 datestamp: 2025-11-19 07:12:50 lastmod: 2025-11-19 07:12:50 status_changed: 2025-11-19 07:12:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Umami, Rizqy creators_name: Retnowati, Heri title: Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di TK Laboratori Pedagogia. ispublished: pub subjects: ep subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: evaluasi program, pendidikan karakter, semangat kebangsaan dan cinta tanah air, anak usia dini abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: mengevaluasi aspek antecedents, transactions, dan outcomes dari implementasi program pendidikan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air di Taman Kanak – Kanak (TK) Laboratori Pedagogia Yogyakarta. Evaluasi ini dilakukan untuk menilai kesesuaian antara tujuan, pelaksanaan, dan hasil program dengan standar keberhasilan pendidikan karakter yang telah ditetapkan. Penelitian evaluasi program ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif, dengan model evaluasi Countenance dari Stake yang terdiri dari tahap antecedent, transaction, dan outcome. Penelitian dilakukan di TK Laboratori Pedagogia Yogyakarta pada dua periode (April–Juni 2017 dan November–Desember 2023) untuk memastikan kredibilitas data dan menilai keberlanjutan serta konsistensi program. Subjek penelitian dipilih secara purposive dan snowball dengan kriteria pihak-pihak yang mengetahui dan terlibat langsung dalam implementasi program pendidikan karakter, yang terdiri dari kepala sekolah, guru, orang tua, serta peserta didik. Pengumpulan data dilakukan peneliti melalui teknik wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan dokumentasi, dengan menggunakan beberapa instrumen pendukung seperti pedoman wawancara, lembar observasi, serta telaah dokumen. Uji validitas isi instrumen pendukung dilakukan melalui pakar yang kompeten (expert judgment) oleh dua validator dengan menggunakan formula Gregory, dengan hasil validitas berkategori sedang hingga tinggi. Pengujian keabsahan data dilakukan dengan: (1) derajat kepercayaan melalui perpanjangan waktu penelitian, triangulasi, dan member checking; (2) keteralihan melalui penyusunan laporan secara sistematis dan kontekstual; (3) ketergantungan melalui audit proses oleh pembimbing sebagai auditor independen; dan (4) konfirmabilitas melalui konfirmasi hasil temuan kepada informan. Teknik analisis data menggunakan model analisis data interaktif melalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aspek antecedents, transactions, dan outcomes dalam implementasi program telah sesuai dengan standar keberhasilan yang ditetapkan. Program dirancang secara sistematis, guru memiliki kompetensi memadai, sarana prasarana mendukung, serta orang tua terlibat aktif. Implementasi program dilakukan melalui kegiatan pembelajaran tematik, pembiasaan, dan kolaborasi sekolah dan keluarga. Peserta didik menunjukkan perkembangan karakter semangat kebangsaan dan cinta tanah air, seperti menyanyikan lagu kebangsaan, tembang anak berbahasa Jawa, permainan tradisional mengikuti upacara, mengetahui simbol negara, salam nasional, kata-kata kebangsaan serta menghargai keberagaman. date: 2025-07-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis citation: Umami, Rizqy and Retnowati, Heri (2025) Evaluasi Implementasi Pendidikan Karakter Semangat Kebangsaan dan Cinta Tanah Air di TK Laboratori Pedagogia. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88541/1/tesis_rizqy%20umami_21701251024.pdf