<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Diagnostik Pemahaman Teks Bahasa Inggris\r\nMateri Descriptive Dan Recount Tingkat SMA Menggunakan Model G-DINA."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian diagnostik pemahaman\r\nteks bahasa inggris materi descriptive dan recount di tingkat SMA, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen\r\nintrumen penilaian diagnostik pemahaman teks bahasa inggris materi descriptive dan recount tingkat SMA\r\nmenggunakan model G-DINA, (3) mendeskripsikan profil siswa dalam mengerjakan instrument penilaian\r\ndiagnostik pemahaman teks bahasa inggris materi descriptive dan recount tingkat SMA menggunakan\r\nmodel G-DINA.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembahan instrumen. Tahapan pertama meliputi observasi\r\ndan pengkajian literatur terkait pengembangan instrumen diagnostik materi descriptive dan recount\r\nmenggunakan model G-DINA, validasi item pernyataan melalui expert judgmen, dan analisis\r\nmenggunakan formula Aiken. Tahapan selanjutnya adalah uji coba terbatas di SMA N 3 Kota Magelang\r\nyang melibatkan peserta didik kelas X. Uji coba dilakukan kepada 60 dan dianalisis menggunakan software\r\nQUEST. Uji coba skala luas melalui teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh\r\nsubyek 180 peserta didik kelas X di SMA N 3 Magelang, SMA N 4 Magelang, dan SMA N 5 Magelang di\r\nKota Magelang dan dianalisis menggunakan program R.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen penilaian diagnostik pemahaman teks\r\nbahasa inggris menghasilkan 30 item pertanyaan. (2) Kualitas instrumen yang dianalisis menggunakan\r\nmodel G-DINA menunjukan bahwa berdasarkan guessing terdapat 30% item yang tidak baik dan 70% item\r\nbaik. Berdasarkan slip diketahui bahwa 20% item pertanyaan perlu ditinjau, 20% item pertanyaan tidak\r\nbaik, dan 60% item baik.Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0.92 dan dinyatakan\r\nreliabilitas baik. (3) Deskripsi profil siswa diidentifikasi oleh kemampuan yang arus dimiliki siswa untuk\r\ndapat menjawab pertanyaan dengan benar. Kemampuan tersebut diklasifikasikan sebagai A1, A2, A3, A4,\r\ndan A5. Berdasarkan hasil analisis menggunakan model G-DINA diketahui bahwa 43.06% siswa\r\nmenguasai A1, 58.27% siswa menguasai A2, 45.59% siswa menguasai A3, 48.78% siswa menguasai A4,\r\ndan 74.80% siswa menguasai A5."^^ . "2025-07-31" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Lidya"^^ . "Lidya"^^ . "Lidya Lidya"^^ . . "Nur Hidayanto Pancoro Setyo"^^ . "Putro"^^ . "Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Diagnostik Pemahaman Teks Bahasa Inggris\r\nMateri Descriptive Dan Recount Tingkat SMA Menggunakan Model G-DINA. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88540 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Diagnostik Pemahaman Teks Bahasa Inggris \nMateri Descriptive Dan Recount Tingkat SMA Menggunakan Model G-DINA.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Bahasa dan Sastra Inggris"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .