@phdthesis{UNY88540, author = {Lidya Lidya and Nur Hidayanto Pancoro Setyo Putro}, school = {Sekolah Pascasarjana}, month = {July}, title = {Pengembangan Instrumen Penilaian Diagnostik Pemahaman Teks Bahasa Inggris Materi Descriptive Dan Recount Tingkat SMA Menggunakan Model G-DINA.}, year = {2025}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan instrumen penilaian diagnostik pemahaman teks bahasa inggris materi descriptive dan recount di tingkat SMA, (2) mendeskripsikan kualitas instrumen intrumen penilaian diagnostik pemahaman teks bahasa inggris materi descriptive dan recount tingkat SMA menggunakan model G-DINA, (3) mendeskripsikan profil siswa dalam mengerjakan instrument penilaian diagnostik pemahaman teks bahasa inggris materi descriptive dan recount tingkat SMA menggunakan model G-DINA. Penelitian ini merupakan penelitian pengembahan instrumen. Tahapan pertama meliputi observasi dan pengkajian literatur terkait pengembangan instrumen diagnostik materi descriptive dan recount menggunakan model G-DINA, validasi item pernyataan melalui expert judgmen, dan analisis menggunakan formula Aiken. Tahapan selanjutnya adalah uji coba terbatas di SMA N 3 Kota Magelang yang melibatkan peserta didik kelas X. Uji coba dilakukan kepada 60 dan dianalisis menggunakan software QUEST. Uji coba skala luas melalui teknik sampling Proportionate Stratified Random Sampling diperoleh subyek 180 peserta didik kelas X di SMA N 3 Magelang, SMA N 4 Magelang, dan SMA N 5 Magelang di Kota Magelang dan dianalisis menggunakan program R. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Instrumen penilaian diagnostik pemahaman teks bahasa inggris menghasilkan 30 item pertanyaan. (2) Kualitas instrumen yang dianalisis menggunakan model G-DINA menunjukan bahwa berdasarkan guessing terdapat 30\% item yang tidak baik dan 70\% item baik. Berdasarkan slip diketahui bahwa 20\% item pertanyaan perlu ditinjau, 20\% item pertanyaan tidak baik, dan 60\% item baik.Reliabilitas instrumen menggunakan Alpha Cronbach sebesar 0.92 dan dinyatakan reliabilitas baik. (3) Deskripsi profil siswa diidentifikasi oleh kemampuan yang arus dimiliki siswa untuk dapat menjawab pertanyaan dengan benar. Kemampuan tersebut diklasifikasikan sebagai A1, A2, A3, A4, dan A5. Berdasarkan hasil analisis menggunakan model G-DINA diketahui bahwa 43.06\% siswa menguasai A1, 58.27\% siswa menguasai A2, 45.59\% siswa menguasai A3, 48.78\% siswa menguasai A4, dan 74.80\% siswa menguasai A5.}, keywords = {penilaian diagnostik, pemahaman teks bahasa inggris, model G-DINA}, url = {http://eprints.uny.ac.id/88540/} }