eprintid: 88538 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/85/38 datestamp: 2025-11-18 06:50:05 lastmod: 2025-11-18 06:50:05 status_changed: 2025-11-18 06:50:05 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Muzaimah, Anna Khusnul creators_name: Setiawati, Farida Agus title: Pengembangan Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). ispublished: pub subjects: ep subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Pengembangan Instrumen, Penilaian Kognitif, Anak Usia Dini, Validitas, Reliabilitas abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian perkembangan kognitif anak usia 4–6 tahun yang valid dan reliabel di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Instrumen ini dirancang agar sesuai dengan karakteristik perkembangan anak usia dini dan dapat digunakan oleh guru sebagai alat bantu dalam mengevaluasi kemampuan kognitif anak secara komprehensif. Aspek kognitif yang dikembangkan mencakup kemampuan memecahkan masalah, berpikir logis, dan berpikir simbolik. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan Research and Development (R&D) model Azwar, yang menekankan pada definisi konstruk, penyusunan butir, dan analisis validitas serta reliabilitas. Penelitian dilakukan di TK Alam Anak Pintar dan RA Al Amin dengan subjek anak usia 4–6 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan penyebaran instrumen. Instrumen divalidasi oleh ahli PAUD, ahli psikologi perkembangan dan ahli pengukuran dan evaluasi pendidikan dengan hasil validitas isi menunjukkan nilai Aiken’s V sebesar 0,956. Uji coba lapangan dilakukan terhadap 108 anak dengan hasil validitas empiris yang ditunjukkan oleh korelasi item-total ≥ 0,30 untuk sebagian besar butir dan validitas konstruk yang diuji melalui Exploratory Factor Analysis (EFA) menghasilkan tiga faktor yang sesuai dengan konstruk teori tis, dan seluruh butir memiliki loading faktor ≥ 0,40. Hasil analisis reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach menunjukkan nilai reliabilitas sebesar 0,934, yang termasuk kategori tinggi. Data dianalisis menggunakan pendekatan Teori Tes Klasik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian perkembangan kognitif yang dikembangkan layak digunakan dan memenuhi kriteria validitas dan reliabilitas. Instrumen ini mampu memberikan gambaran profil perkembangan kognitif anak usia dini secara sistematis dan dapat digunakan oleh guru PAUD sebagai alat asesmen formatif maupun sumatif. Disarankan agar instrumen ini digunakan secara berkala dan dikembangkan lebih lanjut agar mencakup aspek kognitif yang lebih luas serta disesuaikan dengan konteks lokal masing-masing satuan PAUD. date: 2025-07-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Muzaimah, Anna Khusnul and Setiawati, Farida Agus (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Perkembangan Kognitif Anak Usia 4-6 Tahun di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88538/1/tesis_anna%20khusnul%20muzaimah_21701251029.pdf