<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK\r\nDALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menemukan, mendeskripsikan dan\r\nmendapatkan gambaran implementasi dan dampak implementasi kebijakan\r\nProgram Guru Penggerak dalam pembelajaran di sekolah dasar Magelang;\r\nhambatan dan tantangan penerapan kebijakan PGP dalam pembelajaran di\r\nsekolah dasar; upaya yang ditempuh untuk mengatasi berbagai permasalahan\r\nyang ada terkait dengan PGP dalam pembelajaran, dan peran kepemimpinan\r\nkepala sekolah dalam memanfaatkan keberadaan PGP di sekolah dasar.\r\nPenelitian ini bersifat studi kasus yang dilakukan dengan menggunakan\r\nmetode atau pendekatan kualitatif deskriptif untuk menjawab, mengidentifikasi\r\nserta memaparkan tujuan penelitian tersebut. Data dikumpulkan menggunakan\r\nteknik wawancara (kepada kepala sekolah) dan angket atau kuesioner yang\r\ndiberikan kepada responden sesuai tujuan penelitian. Instrumen penelitian yang\r\ndikembangkan berdasarkan kebutuhan penelitian, sebelum diterapkan ke\r\nlapangan divalidasi oleh expert judgement, yaitu dosen pembimbing dan tim\r\nvalidiator yang memiliki keahlian dalam bidang tersebut. Subjek penelitian yaitu\r\nsample size berjumlah 81 orang yang dikelompokan dalam tiga kagetori, yaitu\r\nkelompok kepala sekolah (14 orang), kelompok guru penggerak (7 orang) dan\r\nkelompok guru mata pelajaran (60 orang) yang dipilih secara random. Data yang\r\ndiperoleh dianalisis secara kualitatif (analisis isi/content analysis) berdasarkan\r\nmodel Miles dan Huberman (1992) yaitu: pengumpulan data, reduksi data,\r\npenyajian data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi.\r\nHasil penelitian berdasarkan indikator dan tujuan penelitian menunjukkan\r\nbahwa penerapan PGP pada pembelajaran di sekolah dasar di Windusari-\r\nMagelang belum memuaskan walaupun dari hasil penelitian tersebut PGP\r\ndikatakan memiliki paradigma yang memerdekakan anak dalam proses belajar.\r\nBerdasarkan tujuan penelitian kali ini dan data yang diperoleh, dapat disimpulkan\r\nbahwa, di daerah Windusari-Magelang, terdapat banyak guru sekolah yang belum\r\nmengenal dan mengetahui pentingnya PGP. Padahal disekolah-sekolah yang\r\nsudah tahu esensi dari program tersebut menyatakan bahwa PGP sangat penting\r\nuntuk mengubah mindset guru, cara belajar murid, dan memperbaruhi\r\npengetahuan. Adapun kendala sebagai hambatan implementasi PGP yaitu\r\nkurangnya prasarana, sarana internet dan kekurangan dalam literasi digital\r\nmembuat PGP tidak diterima dengan baik di daerah tersebut."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "TALENTA"^^ . "MAHARDIKA"^^ . "TALENTA MAHARDIKA"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "IMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK\r\nDALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR (Text)"^^ . . . "talenta mahardika_19703251016.pdf"^^ . . "HTML Summary of #88530 \n\nIMPLEMENTASI KOMPETENSI GURU PENGGERAK \nDALAM PEMBELAJARAN DI SEKOLAH DASAR\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .