@phdthesis{UNY88528, year = {2023}, school = {Fakultas Ilmu Pendidikan}, author = {PARMANITA HESTI PUSPITORINI}, title = {PRAKTIK KEPEMIMPINAN ADAPTIF KEPALA SEKOLAH DASAR DALAM PELIBATAN ORANG TUA UNTUK MEMBENTUK KARAKTER SISWA DI MASA POST COVID-19}, keywords = {kepemimpinan adaptif, tantangan adaptif, kepala sekolah dasar, post- pandemic covid-19}, url = {http://eprints.uny.ac.id/88528/}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk : (1) memperoleh pemahaman tentang tantangan adaptif yang dihadapi kepala sekolah dasar dalam melibatkan orang tua untuk membentuk karakter siswa pasca pandemi covid-19; dan (2) memperoleh pemahaman tentang praktik kepemimpinan adaptif kepala sekolah dasar dalam melibatkan orang tua untuk membentuk karakter siswa pasca pandemi covid-19. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Penelitian ini dilakukan di 2 Sekolah Dasar Negeri di Kota Semarang. Sumber data dari penelitian ini adalah kepala sekolah, guru dan orang tua dari masing-masing sekolah. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu menggunakan wawancara semi terstruktur, studi dokumen, dan observasi non-partisipan. Uji keabsahan data dilakukan dengan uji kredibilitas. Analisis data yang digunakan menggunakan pendekatan analisis data grounded theory. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tantangan adaptif yang dihadapi oleh kepala sekolah SDN A dan SDN B di kota Semarang untuk meningkatkan keterlibatan orang tua dalam membentuk karakter siswa setelah pandemi covid-19 yaitu kurangnya kepedulian orang tua dan keterbatasan waktu orang tua dalam membentuk karakter siswa. Sehingga dilakukan praktik kepemimpinan adaptif, (1) kepala sekolah SDN A untuk meningkatkan kepedulian orang tua dengan cara melaksanakan kelas parenting, pendekatan kepada orang tua melalui komunikasi dan pengoptimalan paguyuban orang tua. Untuk meningkatan keterlibatan orang tua dengan keterbatasan waktu, SDN A melakukan penugasan pin karakter kepada orang tua dan mengoptimalkan komunikasi secara fleksibel. (2) Sedangkan Kepala Sekolah SDN B melakukan praktik kepemimpinan antara lain dengan mengoptimalkan paguyuban orang tua dan pendekatan kepada orang tua siswa secara formal dan informal.} }