TY - THES UR - http://eprints.uny.ac.id/88520/ ID - UNY88520 Y1 - 2023/// KW - manajemen KW - pendidikan karakter KW - sekolah dasar KW - sekolah binaan astra PB - Fakultas Ilmu Pendidikan M1 - tesis AV - restricted A1 - NURAINI, SEVITA DWI N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan manajemen pendidikan karakter pada Sekolah Dasar Binaan Astra di Kabupaten Bantul yang mencakup perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah kepala sekolah, guru kelas, dan guru Pendidikan Agama Islam. Teknik pengambilan data menggunakan wawancara, observasi, dan studi dokumen. Analisis data menggunakan model Miles and Huberman dengan langkah- langkah pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa manajemen pendidikan karakter pada sekolah dasar binaan Astra terdiri dari perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan. Perencanaan pendidikan karakter melibatkan stakeholders sekolah, tertuang dalam visi dan misi sekolah, terdapat dalam kurikulum sekolah dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Pengorganisasian pendidikan karakter melibatkan seluruh stakeholders sekolah dengan membentuk tim kerja atau membuat pembagian tugas yang di tuangkan dalam surat keputusan kepala sekolah. Pelaksanaan pendidikan karakter dilaksanakan melalui penanaman nilai-nilai karakter terutama nilai kedisiplinan, kebersihan, respek, dan daya juang, kegiatan pembiasaan, terintegrasi dalam pembelajaran, dan melalui program unggulan sekolah yaitu matematika gasing dan batik. Pengawasan pendidikan karakter dilakukan oleh seluruh stakeholders sekolah untuk mengamati aktivitas siswa, melalui rapat anggota tahunan atau rapat kerja setiap tahun untuk mengetahui ketercapaian program dalam satu tahun. TI - MANAJEMEN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DASAR BINAAN ASTRA KABUPATEN BANTUL ER -