eprintid: 88517 rev_number: 7 eprint_status: archive userid: 71521 dir: disk0/00/08/85/17 datestamp: 2025-11-12 01:50:50 lastmod: 2025-11-12 01:50:50 status_changed: 2025-11-12 01:50:50 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Setyaningtyas, Wiwiet Ari corp_creators: Universitas Negeri Yogyakarta title: ANALISIS KINERJA GURU SMA KATOLIK SANTA AGNES SURABAYA BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU ispublished: pub subjects: D10 divisions: fip_ap full_text_status: restricted keywords: Kinerja guru, Kompetensi guru abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kinerja guru berdasarkan: (1) kompetensi pedagogik (2) kompetensi profesional (3) kompetensi kepribadian dan (4) kompetensi sosial di SMA Katolik Santa Agnes Surabaya. Jenis Penelitian ini deskriptif kualitatif. Subyek penelitian yaitu Kepala sekolah dan enam guru. Data diperoleh dengan menggunakan dua tehnik, yaitu virtual wawancara melalui aplikasi zoom serta studi dokumentasi. Analisis data menggunakan model interaktif dari Miles, Huberman dan Saldana (2014) yang terdiri atas data condensation, data dan drawing serta verification conclusion. Keabsahan data dilakukan melalui uji kredibilitas dengan menggunakan metode triangulasi sumber dan tehnik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Guru mampu memenuhi kompetensi pedagogik dengan menguasai semua ketentuan dalam standar kompetensi pedagogik, yang terlihat dalam kemampuannya: a) Memahami karakteristik peserta didik dengan melihat aspek fisik, moral, spiritual emosional, intelektual dan budaya. b) Menguasai teori belajar dan prinsip-prinsip pembelajaran. c) Mengembangkan kurikulum d) Menyelenggarakan kegiatan yang mendidik e) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. f) Memfasilitasi pengembangan potensi peserta didik. g) Komunikasi yang efektif, empati dan santun. h) Menyelenggarakan penilaian dan evaluasi proses. i) Memanfaatkan hasil penilaian. j) Melakukan tindakan reflektif. 2) Guru memenuhi kompetensi profesional dengan menguasai semua ketentuan dalam standar kompetensi profesional, yang terlihat dalam a) Menguasai materi, struktur, konsep dan pola piker. b) Menguasai standar kompetensi dan kompetensi dasar. c) Mengembangkan materi pembelajaran. d) Mengembangkan keprofesionalan. e) Memanfaatkan teknologi informasi dan komunikasi. 3) Guru memenuhi kompetensi kepribadian dengan menguasai semua ketentuan dalam standar kompetensi kepribadian, yang terlihat dalam: a) Bertindak sesuai dengan norma agama, hukum, social dan budaya. b) Menampilkan diri sebagai pribadi yang jujur, berakhlak mulia dan memberi teladan. c) Menampilkan diri sebagi pribadi bertanggungjawab, dewasa, stabil, arif dan berwibawa. d) Menunjukkan etos kerja: menjalankan tugas dengan jujur, tepat waktu, bertanggung jawab dan dedikatif. e) Mampu menjunjung tinggi kode etik profesi guru. 4) Guru memenuhi kompetensi sosial dengan menguasai semua ketentuan dalam standar kompetensi sosial, yang terlihat dalam a) Kemampuan guru bersikap inklusif, bertindak obyektif dan tidak diskriminatif. b)) Berkomunikasi secara efektif, empatik dan santun c) Kemampuan beradaptasi di tempat tugas dimana saja di seluruh Indonesia. d) Berkomunikasi dengan teman seprofesi maupun dengan profesi lain. date: 2023-01 date_type: published institution: Fakultas Ilmu Pendidikan department: Manajemen Pendidikan thesis_type: tesis citation: Setyaningtyas, Wiwiet Ari (2023) ANALISIS KINERJA GURU SMA KATOLIK SANTA AGNES SURABAYA BERDASARKAN STANDAR KOMPETENSI GURU. S2 thesis, Fakultas Ilmu Pendidikan. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88517/1/wiwiet%20ari%20setyaningtyas_19703251003.pdf