<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI\r\nMADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TEBO\r\nPROVINSI JAMBI"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menemukan; (1) manajemen pembiayaan\r\nsekolah, (2) peran komite sekolah dalam manajemen pembiayaan sekolah, (3)\r\nfaktor pendukung dan penghambat peran komite sekolah (4) strategi mengatasi\r\nfaktor pengahambat peran komite dalam manajemen pembiayaan sekolah.\r\nJenis penelitian ini adalah kualitatif menggunakan pendekatan deskriptif\r\nkualitatif. Penelitian dilakukan di MAN 1 dan MAN 2 Kabupaten Tebo. Subyek\r\npenelitian ini yaitu komite sekolah, kepala sekolah, bendahara sekolah, dan\r\nbendahara komite. Teknik dan instrumen pengumpulan data dengan cara\r\nobservasi, wawancara, studi dokumentasi, dan triangulasi. Uji keabsahan data\r\nmeliputi uji kredibilitas, transferabilitas, dependabilitas, dan konfirmabilitas.\r\nTeknik analisis data yaitu analisis deskriptif menggunakan model interaktif\r\nmelalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil penelitian dijelaskan sebagai berikut; (1) manajemen pembiayaan di\r\nMAN 1 dan MAN 2 Tebo meliputi tahap (a) penganggaran; perencanaan dan\r\npenyusunan anggaran tertuang dalam RAPBM dan RKAM, (b) pembukuan;\r\nkegunaan aliran dana dilakukan pencatatan mulai dari pemasukan, pengeluaran,\r\nserta penyimpanan dana seperti pada kartu SPP, (c) penilaian; pengawasan dan\r\nlaporan pertanggungjawaban tertuang dalam LRBBS. Sering terjadi kendala yaitu\r\nketerlambatan siswa membayar SPP. (2) Terdapat empat peran komite sekolah\r\nyakni (a) pemberi pertimbangan; madrasah melibatkan komite sekolah dalam\r\npenyusunan anggaran dan mengadakan program yang berkaitan dengan wali\r\nmurid dengan bermusyawarah dan memberikan keputusan terbaiknya, (b) pemberi\r\ndukungan; komite sekolah memberi dukungan berupa pemikiran, tenaga, dan\r\nbiaya, dengan cara mencari sumber dana dari masyarakat dan pemerintah, (c)\r\npengawas; komite sekolah mengawasi pelaksanaan secara langsung maupun tidak\r\nlangsung, (d) mediator; komunikasi komite sekolah terhadap sekolah, pemerintah\r\ndan masyarakat bisa dilakukan secara formal, nonformal, maupun informal. (3)\r\nFaktor pendukung peran komite sekolah yaitu penugasan struktur organisasi\r\nsecara jelas, kuatnya hubungan kerjasama, adanya kepedulian, dan kemampuan\r\nsumberdaya organisasi. Faktor penghambatnya yakni lemahnya tindakan komite\r\ndalam memecahkan masalah, ketidakmampuan komite mengaktifkan partisipasi\r\norangtua, dan keterbatasan dukungan dalam menjalankan program komite. (4)\r\nStrategi sekolah mengatasi faktor penghambat peran komite yaitu ikut terlibat\r\nmengambil kebijakan agar menerapkan sistem pembiayaan dengan tegas, menjalin\r\nkomunikasi dan koordinasi secara berkala, memberi dukungan secara moril,\r\npemikiran, tenaga, dan biaya."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "SUMARYANTI"^^ . "SUMARYANTI"^^ . "SUMARYANTI SUMARYANTI"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "PERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI\r\nMADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TEBO\r\nPROVINSI JAMBI (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88516 \n\nPERAN KOMITE SEKOLAH DALAM MANAJEMEN PEMBIAYAAN DI \nMADRASAH ALIYAH NEGERI KABUPATEN TEBO \nPROVINSI JAMBI\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .