%K Kepemimpinan Instruksional, Kepala Sekolah %T KEPEMIMPINAN INSTRUKSIONAL KEPALA SEKOLAH DI SD ISLAM AL AZHAR 55 YOGYAKARTA DAN SDIT LUKMAN AL HAKIM YOGYAKARTA %L UNY88515 %X Penelitian kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Kepemimpinan Instruksional Kepala Sekolah di SD Islam Al Azhar 55 dan SDIT Lukman Alhakim, dilihat dari: (1) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada aspek guru dan siswa, (2) Dukungan stakeholder terhadap upaya kepala sekolah dalam membangun iklim sekolah (3) Faktor pendukung dan kendala dalam implementasi kepemimpinan instruksional serta (4) dampak Pendidikan pasca pandemi. Penelitian ini bersifat deskriptif yang dilaksanakan mulai bulan Januari hingga Maret 2022 di SD Islam Al Azhar 55 Yogyakarta dan SDIT Lukman Al Hakim Yogyakarta. Pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara mendalam, observasi partisipan, dan studi dokumentasi. Penetapan sumber data yang dilakukan dalam penelitian adalah subjek yang dijadikan dasar dalam kajian yang diteliti. Analisis data dilakukan dengan menggunakan pola interaktif Miles, Huberman & Saldana, J. (2014). Pengecekan keabsahan data dilakukan dengan menggunakan derajat kepercayaan (credibility) melalui teknik triangulasi baik sumber maupun metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Upaya yang dilakukan kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran pada aspek guru dilakukan dengan melaksanakan workshop peningkatan kualitas pembelajaran, support guru untuk mengikuti pelatihan khususnya pembelajaran, supervisi akademik berbasis teknologi rutin kepada para guru; sedangkan pada aspek siswa dilakukan melalui pelaksanaan jam pelajaran. (2) Dukungan stakeholder terhadap upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui kerjasama sinergis dengan pihak Pengawas sekolah, guru dan Komite sekolah. (3) Faktor pendukung dalam mengimplementasi kepemimpinan instruksional meliputi: tersedianya sarana para sarana penunjang proses pembelajaran, kinerja tenaga pendidik (guru) yang optimal, dan dukungan orang tua murid, dan dampak yang sangat positif pasca pandemi baik terhadap guru dan murid. Faktor kendala meliputi belum efektifnya pengelolaan sarana dan prasarana pembelajaran. %D 2023 %I Fakultas Ilmu Pendidikan %A MUHAMMAD SAIFUL BAHRI