<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "i\r\nAFINITAS MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN PASCA\r\nPANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI\r\nADIWIYATA KOTA BANDUNG\r\n(Studi Komparatif SMAN 3, SMAN 12, dan SMAN 20)"^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sistem manajemen kurikulum\r\nberbasis lingkungan di SMA Negeri 3 Bandung, SMA Negeri 12 Bandung, dan SMA\r\nNegeri 20 Bandung, yang meliputi kegiatan perencanaan kurikulum, pengorganisasian\r\nkurikulum, implementasi, dan evaluasi kurikulum.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian adalah\r\nwakil kepala sekolah bidang kurikulum. Teknik pengumpulan data menggunakan\r\nwawancara, observasi dan studi dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan\r\nadalah pedoman observasi, pedoman wawancara, dan pedoman dokumentasi. Uji\r\nkeabsahan data menggunakan uji kredibilitas dengan triangulasi dan uji konfirmabilitas.\r\nAnalisis data menggunakan analisis kualitatif Miles dan Huberman yang terdiri atas\r\nkondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.\r\nHasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah: 1) Perencanaan kurikulum di\r\nSMAN 3 Bandung, SMAN 12 Bandung, dan SMAN 20 Bandung merujuk pada\r\nPermendiknas Nomor 61 tahun 2014 tentang Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan\r\nDasar dan Menengah, dan seluruh warga sekolah mengambil peran dalam proses\r\npengembangannya; 2) Pengorganisasian kurikulum dilaksanakan dengan cara\r\nmengembangkan kurikulum dengan mengacu pada 8 Standar Nasional Pendidikan.\r\nDalam penggunaan kurikulum 2013 berbasis lingkungan, pengalokasian waktu\r\ndilakukan dengan menyesuaikan jumlah jam pelajaran dengan kemampuan siswa dalam\r\nmenyelesaikan setiap unit pembelajaran di SMAN 3 Bandung, SMAN 12 Bandung, dan\r\nSMAN 20 Bandung; 3) Implementasi kurikulum dijalankan dengan mengacu pada RPP\r\ndan Modul Ajar yang telah dibuat, Silabus yang telah dikembangkan, dilengkapi\r\ndengan muatan lokal serta kegiatan pengembangan diri yang dikemas dalam berbagai\r\nprogram dan kegiatan intrakurikuler, ekstrakurikuler dan program pengembangan diri\r\nsiswa yang telah terintegrasi pendidikan lingkungan didalamnya; 4) Evaluasi kurikulum\r\nmelibatkan seluruh pemangku kepentingan dengan target evaluasi yakni optimalisasi\r\nkegiatan pembelajaran dan pemenuhan administrasi pembelajaran. Selain itu evaluasi\r\nkurikulum juga menunjukkan bahwa SMAN 3 Bandung, SMAN 12 Bandung, dan\r\nSMAN 20 Bandung memiliki dua dokumen besar, yakni buku 1 dan buku II. Hasil\r\nevaluasi dijadikan pedoman dalam pengambilan keputusan oleh pihak sekolah,\r\nkemudian dari hasil itu pula ditentukan upaya tindak lanjut yang akan diterapkan guna\r\nmemperbaiki dan menciptakan kegiatan pembelajaran berbasis partisipatif, efektif dan\r\nefisien."^^ . "2023" . . . "Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . "Manajemen Pendidikan, Fakultas Ilmu Pendidikan"^^ . . . . . . . . . "Komariah"^^ . "Komariah"^^ . "Komariah Komariah"^^ . . "Universitas Negeri Yogyakarta"^^ . . . . . . . "i\r\nAFINITAS MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN PASCA\r\nPANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI\r\nADIWIYATA KOTA BANDUNG\r\n(Studi Komparatif SMAN 3, SMAN 12, dan SMAN 20) (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88514 \n\ni \nAFINITAS MANAJEMEN KURIKULUM BERBASIS LINGKUNGAN PASCA \nPANDEMI COVID-19 DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI \nADIWIYATA KOTA BANDUNG \n(Studi Komparatif SMAN 3, SMAN 12, dan SMAN 20)\n\n" . "text/html" . . . "Manajemen Pendidikan"@en . .