TY - THES N2 - Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) hubungan antara keikutsertaan dalam program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran dan penguasaan kompetensi pendidik abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta, (2) hubungan antara persepsi dukungan organisasi dan penguasaan kompetensi pendidik abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta, (3) hubungan antara keikutsertaan dalam program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, persepsi dukungan organisasi, dan penguasaan kompetensi pendidik abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif korelasional. Data dikumpulkan melalui angket dan studi dokumentasi. Subjek penelitian berjumlah 100 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang merupakan peserta program Peningkatan Pembelajaran. Teknik pengambilan sampel menggunakan cluster sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan teknik korelasi product moment untuk menguji hubungan variabel secara parsial, dan analisis korelasi berganda untuk menguji hubungan variabel secara bersama-sama. Tingkat signifikansi yang digunakan dalam analisis hasil uji coba dan hipotesis ditentukan sebesar 5%. Hasil dari penelitian ini menunjukkan sebagai berikut: (1) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keikutsertaan dalam program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran dan penguasaan kompetensi pendidik Abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,934 dengan signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,005. (2) terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara persepsi dukungan organisasi dan penguasaan kompetensi pendidik Abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta. Koefisien korelasi yang didapatkan sebesar 0,937 dengan signifikansi sebesar 0,000 atau 0,000 kurang dari 0,005. (3) Terdapat hubungan positif dan signifikan antara keikutsertaan dalam program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran, persepsi dukungan organisasi, dan penguasaan kompetensi pendidik abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta yang ditunjukkan dengan nilai R hitung sebesar 0,904 nilai signifikansi sebesar 0,000 atau kurang dari 0,05 (0,000<0,05). Koefisien determinasi (r2) yang diperoleh sebesar 0,224 yang berarti 22,4% penguasaan kompetensi pendidik abad 21 guru Bahasa Inggris SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta dijelaskan oleh keikutsertaan dalam program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran dan persepsi dukungan organisasi. TI - HUBUNGAN ANTARA KEIKUTSERTAAN DALAM PROGRAM PENINGKATAN KOMPETENSI PEMBELAJARAN, PERSEPSI DUKUNGAN ORGANISASI, DAN PENGUASAAN KOMPETENSI PENDIDIK ABAD 21 GURU BAHASA INGGRIS SMK DI DAERAH ISTIMEWA YOGYAKARTA M1 - tesis AV - restricted A1 - Wartini, Florentina Sri PB - Fakultas Ilmu Pendidikan KW - Program Peningkatan Kompetensi Pembelajaran KW - Dukungan Organisasi KW - Kompetensi Pendidik Abad 21 KW - Guru Bahasa Inggris SMK Y1 - 2023/// ID - UNY88512 UR - http://eprints.uny.ac.id/88512/ ER -