%I Sekolah Pascasarjana %T Adaptasi dan Validasi Instrumen Kesejahteraan Psikologis Guru. %D 2025 %A Desi Nurwidawati %A Farida Agus Setiawati %X Tujuan penelitian ini adalah 1) mendapatkan konstruk kesejahteraan psikologis guru di Indonesia yang valid dan reliabel, 2) memberikan deskripsi profil kesejahteraan psikologis guru di Indonesia Proses adaptasi dilakukan berdasarkan pedoman adaptasi tes dari International Test Commission (2017), yang terdiri dari, penerjemahan dalam bahasa Indonesia oleh dua penerjemah independen, mensitesa hasil terjemahan, penerjemahan kembali ke dalam bahasa Inggris, penilaian oleh ahli, pengujian pemahaman (cognitive debriefing), serta validasi empiris menggunakan Structural Equation Model (SEM). Metode analisis data yang digunakan SEM dengan metode estimasi parameter menggunakan metode robust maximum likelihood with robust standard errors (MLR) dan maximum likelihood estimation with robust standard errors and mean- and variance-adjusted chi-square test statistic (MLM). Pengambilan data menggunakan instrumen versi 42 butir. Untuk mendeskripskan profil subjek penelitian, analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif dan uji beda. Statistik deskriptif digunakan untuk melihat sebaran nilai kesejahteraan guru dalam kategori rendah, sedang, dan tinggi. Untuk melihat uji beda menggunakan uji mann whitney dan kruskal wallis. Jumlah sampel uji coba sebanyak 60 guru dan penelitian sebanyak 384 guru di berbagai wilayah Indonesia pada jenjang PAUD, SD, SMP, dan SMA. Penelitian ini menghasilkan 1) konstruk enam dimensi sesuai model Ryff dengan 23 butir. Hasil akhir yang optimal adalah dengan metode robust MLM, model order ke tiga dengan indikator model yang fit CFI = 0,905; TLI = 0,889; dan RMSEA = 0,051. Reliabilitas konstruk keseluruhan yang diperoleh dengan koefisien omega mencapai 0,827, hal ini menunjukkan bahwa konsistensi internal instrumen tersebut tinggi. 2) Sebaran nilai kesejahteraan psikologis guru yang berkategori rendah sebanyak 0,078% dan sedang 99,922%. Hasil uji beda berdasarkan gender disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan kesejahteraan psikologis guru perempuan dan laki-laki. Begitu juga uji beda berdasarkan jenjang mengajar disimpulkan tidak ada perbedaan yang signifikan kesejahteraan psikologis guru PAUD, SD, SMP, dan SMA. %K adaptasi instrumen, guru, kesejahteraan psikologis. %L UNY88452