%X Tujuan penelitian ini adalah untuk menghasilkan (1) konstruk instrumen penilaian kemampuan penalaran matematika yang memiliki validitas teoretis dan relevansi tinggi dengan karakteristik peserta didik SMP serta kurikulum matematika yang berlaku, (2) informasi mengenai kualitas psikometrik instrumen penilaian kemampuan penalaran matematika siswa SMP, yang mencakup aspek validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran, daya pembeda, dan kesesuaian model pengukuran berdasarkan pendekatan Classical Test Theory (CTT) dan Item Response Theory (IRT), (3) instrumen penilaian kemampuan penalaran matematika di SMP yang praktis, (4) profil kemampuan penalaran matematika peserta didik SMP berdasarkan hasil pengukuran dengan instrumen yang telah dikembangkan, sebagai dasar untuk memberikan informasi diagnostik dan deskriptif dalam mendukung proses pengambilan keputusan pembelajaran. Penelitian ini merupakan research and development (R&D) menggunakan model penelitian pengembangan dari Istiyono (2020), sampel untuk skala terbatas 252 dan skala luas 358 siswa Sekolah Menengah Pertama di Kabupaten Bantul, Gunungkidul dan Kota Yogyakarta. Teknik pengumpulan data dengan tes tertulis. Instrumen dianalisis dengan uji validitas isi (V-Aiken), menggunakan pendekatan Classical Test Theory (CTT) dan Multidimensional Item Response Theory (MIRT) model 3PL. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) konstruk penalaran matematika terdiri dari lima dimensi proporsional, deduktif, induktif, analogis, dan abstrak berisi 29 soal pilihan ganda majemuk; (2) instrumen memiliki validitas isi dengan V-Aiken sebesar 0,83, seluruh butir lolos analisis CFA kecuali satu yang direvisi, dan memenuhi asumsi dasar IRT. Model terbaik adalah MIRT 3PL (RMSEA = 0,0652) dengan item yang memiliki daya beda baik, tingkat kesukaran bervariasi, dan guessing rendah; (3) kepraktisan dibuktikan dari konversi skor theta ke skala 0–100 yang menghasilkan distribusi simetris dan rata-rata mendekati 50; (4) profil peserta menunjukkan sebaran kemampuan luas di semua dimensi, terutama pada dimensi deduktif, mencerminkan kemampuan instrumen dalam mengukur secara menyeluruh. Instrumen ini valid, reliabel, dan praktis untuk penilaian multidimensi kemampuan penalaran matematika siswa SMP. %D 2025 %A Arfianti Lababa %A Edi Istiyono %T Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Penalaran pada Mata Pelajaran Matematika SMP. %I Sekolah Pascasarjana %L UNY88445 %K matematika, penalaran, pengembangan instrumen, penilaian