%0 Thesis %9 S3 %A Indra, Muhammad %A Pardjono, Pardjono %B Pendidikan Teknologi dan Kejuruan %D 2025 %F UNY:88441 %I Sekolah Pascasarjana %K Kompetensi, SMK, CAD CAM, Metode campuran berurutan %T Model Struktural Kompetensi Computer-Aided Design and Manufacturing (CAD CAM) Sekolah Menengah Kejuruan. %U http://eprints.uny.ac.id/88441/ %X Penelitian ini bertujuan (1) menentukan kompetensi CAD CAM SMK bidang keahlian teknologi manufaktur dan rekayasa; (2) menganalisis pengaruh langsung dan tidak langsung setiap kompetensi CAD CAM SMK bidang keahlian teknologi manufaktur dan rekayasa; (3) menganalisis apa saja aspek lain yang berkontribusi terhadap kompetensi CAD CAM SMK bidang keahlian teknologi manufaktur dan rekayasa. Penelitian menggunakan pendekatan campuran dengan desain sequential explanatory (berurutan). Populasi penelitian sebanyak 2,210 siswa bidang keahlian teknologi manufaktur dan rekayasa SMK di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), dengan sampel penelitian sebanyak 347 siswa yang ditentukan dengan teknik random sampling rumus Slovin. Instrumen penelitian tersebut terdiri dari beberapa variabel yang diprediksi mempunyai pengaruh dengan CAD CAM. Validasi instrumen melibatkan 4 orang ahli dengan hasil instrumen layak digunakan. Pengumpulan data dengan angket dan wawancara. Analisis data kuantitatif menggunakan structural equation modeling (SEM) dengan tool Lisrel 8.8. Analisis data kualitatif dengan model interaktif dan pendekatan fenomenologi. Hasil penelitian (1) enam variabel yang diwakili oleh dua puluh indikator total berkontribusi satu sama lain terhadap CAD CAM yang memiliki empat indikator. Seluruh variabel dan indikator tersebut menunjukkan hasil yang cocok (fit) dengan nilai statistik uji kecocokan model pengukuran konstruk kompetensi CAD CAM SMK bidang keahlian teknologi manufaktur dan rekayasa adalah Stability Index = 0,026, Rasio Chi Square/df = 1,23, RMSEA = 0,026, CFI = 0,98; NNFI = 0,98; (2) secara structural equations terdapat 20 hipotesis yang berpengaruh satu sama lain terhadap CAD CAM, sedangkan reduced form equations memberikan gambaran 3 variabel mampu mendukung CAD CAM secara positif dan negatif serta signifikan dan 1 variabel tidak mampu diprediksi karena merupakan variabel endogen juga yakni Desain dan Produksi (DnP) tetapi jika dimediasi oleh Dasar dan Proses Mesin (DPM) mampu memberikan kontribusi yang positif dan signifikan terhadap CAD CAM; (3) terdapat tiga aspek penting lainnya yang mempengaruhi keterampilan khusus dalam bidang CAD CAM, yakni: 1) minat dan bakat; 2) masyarakat di sekolah; dan 3) tuntutan lulusan SMK.