eprintid: 88433 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/84/33 datestamp: 2025-11-12 07:34:59 lastmod: 2025-11-12 07:34:59 status_changed: 2025-11-12 07:34:59 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Floriasti, Tri Wahyuni creators_name: Wagiran, Wagiran title: Merancang Kurikulum Vokasi Pariwisata Inklusif bagi Mahasiswa Tunanetra dan Tunarungu di Perguruan Tinggi Indonesia. ispublished: pub subjects: D4 subjects: voc_th subjects: vokasi divisions: pps_teknik full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Inklusif, Kurikulum Vokasional Pariwisata, English for Specific Purposes (ESP), Teknologi Bantu, Asesmen Inklusif, Pembelajaran Non-Visual, Non-Auditori, dan Taktil. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk merancang kurikulum vokasional pariwisata yang inklusif bagi mahasiswa penyandang disabilitas di perguruan tinggi, khususnya mahasiswa tunanetra dan tunarungu yang mencakup: 1) mengidentifikasi kebutuhan dan tantangan yang dihadapi oleh peserta didik tunanetra dan tunarungu dalam mengakses dan berpartisipasi dalam pendidikan tinggi vokasi pariwisata; 2) mengeksplorasi pendekatan-pendekatan inklusif yang dapat diterapkan untuk mengintegrasikan English for Specific Purposes (ESP) dan konten vokasi pariwisata yang aksesibel ke dalam kurikulum bagi peserta didik dengan hambatan penglihatan dan pendengaran; 3) merancang struktur mata kuliah, strategi pengajaran, dan media pembelajaran yang inklusif untuk mendukung peserta didik tunanetra dan tunarungu dalam kurikulum vokasi pariwisata; 4) merancang metode asesmen yang inklusif dan berkeadilan untuk mengevaluasi kompetensi vokasional peserta didik tunanetra dan tunarungu dalam kurikulum vokasi pariwisata. Penelitian ini menggunakan desain Concurrent Embedded Mixed-Methods dengan penekanan pada data kualitatif yang dikumpulkan melalui wawancara semi-terstruktur, FGD dengan metode Delphi, dan analisis dokumen. Data kuantitatif diperoleh dari survei terstruktur. Total partisipan adalah 174 dari 14 institusi. Partisipan penelitian meliputi mahasiswa berkebutuhan khusus, guru SLB dan sekolah vokasi, profesional industri pariwisata, serta pakar pendidikan inklusif. Instrumen penelitian divalidasi oleh ahli dan diuji keterpercayaannya. Teknik analisis menggunakan pendekatan tematik dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat ketidaksesuaian yang signifikan antara keterampilan yang diajarkan di SLB dan kebutuhan kompetensi di perguruan tinggi vokasional bidang pariwisata, khususnya dalam hal aksesibilitas, literasi digital, dan kemampuan bahasa Inggris spesifik; (2) metode yang efektif untuk mengintegrasikan ESP dan pelatihan vokasional meliputi pembelajaran kontekstual, pendekatan tugas berbasis komunikasi, dan pemanfaatan media taktil dan visual adaptif; (3) strategi pembelajaran yang dikembangkan mencakup penggunaan teknologi bantu, media pembelajaran taktil dan visual yang dapat diakses, serta pembelajaran berbasis proyek yang mendukung kolaborasi; dan (4) asesmen inklusif dirancang dengan penyesuaian waktu, format alternatif (tulis/lisan), dan alat bantu yang relevan agar sesuai dengan karakteristik mahasiswa tunanetra dan tunarungu. Keempat keluaran ini dirumuskan dalam bentuk rancangan kurikulum vokasional inklusif, strategi pembelajaran dan asesmen, serta rekomendasi kebijakan untuk mendukung implementasi pendidikan vokasional inklusif di perguruan tinggi. Diharapkan hasil ini dapat menjembatani kesenjangan antara SLB dan pendidikan tinggi, serta memperluas peluang pendidikan dan pekerjaan bagi mahasiswa penyandang disabilitas dalam sektor pariwisata yang inklusif. date: 2025-07-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Pendidikan Teknologi dan Kejuruan thesis_type: disertasi citation: Floriasti, Tri Wahyuni and Wagiran, Wagiran (2025) Merancang Kurikulum Vokasi Pariwisata Inklusif bagi Mahasiswa Tunanetra dan Tunarungu di Perguruan Tinggi Indonesia. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88433/1/disertasi_tri%20wahyuni%20floriasti_21702261004.pdf