@phdthesis{UNY88423, month = {July}, author = {Damar Purba Pamungkas and Dwi Rahdiyanta}, year = {2025}, school = {Sekolah Pascasarjana}, title = {Pengembangan Pembelajaran Kewirausahaan Model Proyek Kontekstual Berbasis Komunitas (PROTEKSISCO) pada Konsentrasi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Kemampuan Afektif Siswa.}, keywords = {model pembelajaran, kewirausahaan, rekayasa perangkat lunak, aktivitas belajar, kemampuan afektif, reka usaha}, abstract = {Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran proyek kontekstual berbasis komunitas yang sesuai dengan pembelajaran kewirausahaan pada konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. (2) Menganalisis kelayakan model pembelajaran proyek kontekstual berbasis komunitas (Proteksisco) yang dikembangkan pada konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. (3) Menganalisis efektivitas model pembelajaran proyek kontekstual berbasis komunitas (Proteksisco) yang dikembangkan pada konsentrasi keahlian Rekayasa Perangkat Lunak di SMK. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research \& Development), yaitu penelitian yang digunakan untuk menghasilkan produk tertentu, dan menguji keefektifan produk tersebut. Tahapan pengembangan terdiri dari 3 fase, yakni: (1) pengembangan model didasarkan pada hasil analisis kebutuhan; (2) validasi model; (3) penggunaan model (model use) untuk menguji efektivitas model. Validasi perangkat model melibatkan satu ahli pendidikan teknologi kejuruan, satu ahli vokasi RPL, tiga praktisi bidang RPL dan dua guru bidang RPL. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI konsentrasi keahlian RPL-1 SMKN 2 Semarang dengan melibatkan 1 guru kewirausahaan dan 35 siswa. Uji coba pada penelitian ini menggunakan metode quasi-experiment dengan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian adalah sebagai berikut: (1) model pembelajaran kewirausahaan yang dikembangkan untuk menumbuhkan sikap dan keterampilan entrepreneur siswa di SMK bidang RPL adalah model pembelajaran proyek kontekstual berbasis komunitas (Proteksisco), perangkat model yang dikembangkan mencakup : (a) buku panduan model, (b) modul ajar; (c) modul-modul pembelajaran; dan (d) perangkat evaluasi. (2) model yang dihasilkan memenuhi kriteria valid untuk dipergunakan di SMK, skor aiken pada setiap butir komponen yang dinilai lebih besar jika dibandingkan dengan tabel aiken (0,76); (3) Hasil analisis keefektifan model menunjukkan bahwa model pembelajaran Proteksisco memenuhi kriteria efektif, hal ini dibuktikan melalui (a) pengujian menggunakan Repeated Measures MANOVA menunjukkan nilai Wilks' Lambda sebesar 0,02, dan p-value = 0,00 (p {\ensuremath{<}} 0,05), yang berarti hipotesis nol (H{$_0$}) ditolak. Hal ini mengindikasikan bahwa model pembelajaran Proteksisco memberikan pengaruh yang signifikan secara simultan terhadap peningkatan aktivitas belajar dan kemampuan afektif siswa. (b) Respon siswa terhadap pengalaman belajar menggunakan model proteksisco diperoleh 80\% respon siswa berada pada kategori ?sangat baik? dan ?baik? untuk indikator yang dinilai.}, url = {http://eprints.uny.ac.id/88423/} }