%K Model Pembelajaran Berbasis Sekolah, Pendidikan Calon Guru Kejuruan %L UNY88421 %I Sekolah Pascasarjana %T PENGEMBANGAN MODEL PRAKTIK KEPENDIDKAN UNTUK CALON GURU KEJURUAN. %D 2025 %A Totok Sukardiyono %A Moch Bruri Triyono %X Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan model pembelajaran pendidikan calon guru kejuruan berbasis sekolah (school-based) melalui pendekatan lesson study yang kolaboratif dan kontekstual. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada pentingnya sinergi antara LPTK dan SMK dalam pelaksanaan praktik kependidikan guna menghasilkan calon guru kejuruan yang profesional, adaptif, dan reflektif. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan (R&D) dengan model Richey & Klein dalam lima langkah, yaitu analisis kebutuhan, desain awal model, pengembangan model, uji coba dan revisi, Implementasi dan evaluasi. Subjek penelitian mencakup dosen LPTK, guru pamong SMK, serta mahasiswa calon guru kejuruan. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, angket, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran berbasis sekolah yang dikembangkan efektif meningkatkan kompetensi pedagogik, sosial, dan profesional mahasiswa. Hasil penelitian ini berupa model praktek kependidikan untukcalongurukejuruandengansebutanPK-VOCATIF (PracticeforKnowledge Integration, Vocational Oriented, Authentic Teaching, Integrated Feedback). Model ini meliputi tahapan perencanaan kolaboratif, pelaksanaan pembelajaran mikro dan praktik lapangan, serta refleksi bersama dengan menerapkan prinsip lesson study. Implikasi penelitian ini menunjukkan bahwa penguatan praktik kependidikan di SMK melalui model berbasis sekolah dapat menjembatani kesenjangan antara teori dan praktik serta memperkuat kemitraan antara LPTK dan dunia sekolah.