%K emerging soft skills, model pembelajaran, pendidikan vokasional %D 2025 %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan langkah-langkah model pembelajaran PePA (Peer-Engaged Project Application Model) dalam pembelajaran praktik konstruksi fabrikasi sebagai strategi untuk mengembangkan emerging soft skills mahasiswa Program Studi D4 Teknik Mesin; (2) menghasilkan model pembelajaran PePA yang layak diterapkan untuk meningkatkan emerging soft skills mahasiswa dalam pembelajaran praktik konstruksi fabrikasi; (3) menghasilkan model PePA yang efektif diterapkan untuk mengembangkan emerging soft skills mahasiswa; (4) menghasilkan konsep baru model pembelajaran PePA untuk pembelajaran praktik konstruksi fabrikasi. Penelitian merupakan research and development dengan model pengembangan ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Penelitian dilaksanakan di Departemen Pendidikan Teknik Mesin, FT UNY dari Februari sampai dengan Juli 2024. Data dikumpulkan menggunakan kuesioner serta melalui wawancara dan dokumentasi. Validitas instrumen mencakup validitas isi dan validitas konstruk. Uji efektivitas dilakukan dengan equivalent time series design. Data dianalisis secara deskriptif, kualitatif, dan kuantitatif. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Model pembelajaran PePA yang dikembangkan terdiri dari tujuh sintaks utama: membuat tim, membuat proyek, menentukan proyek dan peran kelompok, menyusun rencana kerja, membuat produk, presentasi hasil, dan refleksi; (2) Model tersebut dinilai sangat layak dan efektif oleh pendidik dan peserta didik, dengan skor rata-rata di atas 3,25, yang termasuk kategori sangat layak; (3) Model tersebut terbukti efektif dalam mengembangkan emerging soft skills mahasiswa, dengan peningkatan skor rata-rata komunikasi dari 3,03 pada perlakuan I menjadi 3,63 pada perlakuan III, kerja sama tim dari 3,20 menjadi 3,79, dan pemecahan masalah dari 3,13 menjadi 3,72. Peningkatan signifikan terjadi pada aspek komunikasi, kerja sama tim, dan pemecahan masalah, dengan nilai signifikansi < 0,05 berdasarkan analisis paired sample t-test; (4) Model PePA memiliki kebaruan pada integrasi sistematis antara cooperative-based learning dan project-based learning, dengan skema unik di mana mahasiswa mengerjakan proyek rancangan tim lain dan berbagi peran secara sistemis. Dikembangkan pula instrumen khusus untuk mengukur ketercapaian emerging soft skills, yaitu komunikasi, kerja sama, dan pemecahan masalah. %T Pengembangan Model PePA (Peer-Engaged Project Application Model) untuk Meningkatkan Emerging Soft Skills. %L UNY88396 %A Tri Adi Prasetya %A Sudji Munadi %I Sekolah Pascasarjana