eprintid: 88392 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/83/92 datestamp: 2025-11-05 08:46:58 lastmod: 2025-11-05 08:46:58 status_changed: 2025-11-05 08:46:58 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Nurhayanti, Rona creators_name: Retnawati, Heri title: Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Bangun Datar Jenjang PAUD ispublished: pub subjects: F4 subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: instrumen, matematika, geometri, PAUD, games-based learning abstract: Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan instrumen penilaian kemampuan mengenal geometri PAUD, (2) menggambarkan karakteristik instrumen yang dihasilkan dengan CTT dan IRT, dan (3) mendeskripsikan dan menganalisa hasil penelitian. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif pengembangan dengan merujuk model pengembangan tes Mardapi. Ada tiga tahapan utama yaitu (1) pengembangan awal instrumen, (2) uji coba instrumen, dan (3) interpretasi hasil uji coba diperluas. Tahap (1) meliputi kajian teori-teori yang menjadi sumber dan dasar pengembangan penilaian geometri PAUD, penentuan spesifikasi instrumen, penulisan butir instrumen, dan telaah instrumen berdasarkan validasi isi oleh expert dengan menggunakan formula Aiken’s V. Pada tahap (2) dilakukan uji coba terbatas pada 23 peserta didik dan pada tahap kemudian dilakukan uji reliabilitas dengan CTT. Tahap (3) dilakukan uji coba skala luas yang melibatkan 158 peserta didik PAUD di Kota Batam kemudian dianalisa dengan IRT. Butir soal adalah berbentuk pilihan ganda dan disajikan kepada peserta didik PAUD melaui games based learning menggunakan aplikasi Quiziiz atau saat ini disebut Waygound. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut.(1) Telah dikembangkan seperangkat instrumen penilaian kemampuan mengenal geometri PAUD berupa 9 butir soal pilihan ganda, mencakup materi lingkaran, segitiga, dan persegi, masing-masing tiga butir. (2) Instrumen telah diuji validitasnya menggunakan Aiken’s V dengan hasil ≥ 0,94 (sangat valid) dan reliabilitas Alpha Cronbach sebesar 0,659 (reliabel). Analisis IRT menunjukkan pemenuhan semua asumsi (unidimensi, invariansi parameter, independensi lokal), serta item fit berdasarkan Rasch Model 1 PL berada pada rentang -2,281 hingga -0,954. (3) Instrumen dinyatakan valid, reliabel, dan sesuai untuk mengukur kemampuan anak usia dini pada level rendah hingga sedang. Instrumen ini dapat menjadi alat bantu guru dalam mengevaluasi dan mengembangkan pembelajaran geometri di PAUD. date: 2025-07-30 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: tesis citation: Nurhayanti, Rona and Retnawati, Heri (2025) Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Mengenal Bentuk Geometri Bangun Datar Jenjang PAUD. S2 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88392/1/tesis_rona%20nurhayanti_21701251025.pdf