%0 Thesis %9 S2 %A Astuti, Biana Dwi %A Hadi, Samsul %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2025 %F UNY:88391 %I Sekolah Pascasarjana %K Instrumen, PISA, Etnomatematika, Literasi Matematika. %T Pengembangan Instrumen Penilaian Model PISA (Programme for International Stusent Assessment) Berbasis Etnomatematika Budaya Jawa. %U http://eprints.uny.ac.id/88391/ %X Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengembangkan instrumen penilaian yang dapat mengukur kemampuan literasi matematika yaitu instrumen penilaian model PISA berbasis etnomatematika budaya Jawa untuk siswa Sekolah Menengah Atas (SMA) dengan konstruksi yang baik. (2) Mengetahui karakteristik dan kualitas instrumen penilaian model PISA berbasis etnomatematika budaya Jawa yang valid, reliabel dan layak digunakan sebagai salah satu assessment for learning pembelajaran tingkat SMA. (3) Mengetahui karakteristik instrumen penilaian model PISA berbasis etnomatematika budaya Jawa yang telah dikembangkan berdasarkan IRT (Item Response Theory). Penelitian pengembangan ini menggunakan model pengembangan ADDIE (analyze, design, develop, implement, dan evaluate) dengan penggabungan bersama langkah-langkah pengembangan instrumen menurut Mardapi (2016). Tahap analyze terdiri dari analisis kebutuhan dan kajian teori yang relevan terkait instrumen yang dikembangkan; tahap design meliputi penyusunan tujuan serta kisi- kisi instrumen, serta penentuan skala penilaian dan sistem penskoran; tahap develop terdiri dari penulisan butir soal, validasi isi, uji coba instrumen, analisis hasil uji coba, dan merakit kembali instrumen; tahap implement terdiri dari pengukuran dan menafsirkan hasil pengukuran; serta tahap evaluate yaitu menganalisis dan menyimpulkan kelayakan instrumen baik sebelum dan sesudah implemtasi. Uji coba instrumen melibatkan 335 peserta didik kelas X yang terdiri dari empat SMA di Kabupaten Sleman. Validasi isi dilakukan oleh expert dengan menggunakan validasi Aiken’s V, sedangkan validasi konstruk dibuktikan melalui Confirmatory Factor Analysis. Karakteristik butir dianalisis menggunakan teori respons butir model Rasch (1 PL). Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Konstruksi instrumen penilaian model PISA berbasis etnomatematika bdaya Jawa yang dikembangkan terdiri dari 25 butir soal pilihan ganda. (2) Karakteristik butir instrumen yang dikembangkan tersebut memiliki kualitas yang baik berdasarkan uji validasi isi dan validasi konstruk, keandalan instrumen, item fit, dan analisis teori respons butir model Rasch. (3) Instrumen penilaian model PISA berbbasis etnomatematika yangdihasilkan adalah valid dan dapat digunakan untuk mengukur kemampuan literasi matematika peserta didik pada kemampuan rendah, sedang, dan tinggi pada tingkat sekolah menengah atas (SMA).