<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Fisika Siswa SMA Topik Mekanika Berbasis Penyetaraan tanpa Butir Bersama."^^ . "Penelitian ini bertujuan: (1) menghasilkan konstruksi tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika pada paket A dan paket B menggunakan validasi isi, validitas konstruk, dan reliabilitas klasik, (2) mengevaluasi kualitas karakteristik butir tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika pada paket A dan paket B menggunakan pendekatan teori respons butir, (3) merumuskan persamaan penyetaraan horizontal untuk perangkat tes kemampuan fisika SMA topik Mekanika antara paket A dan paket B dengan menggunakan metode penyetaraan dengan pendekatan teori respons butir, (4) mendeskripsikan profil hasil pengukuran kemampuan fisika peserta didik pada topik Mekanika.\r\nPenelitian pengembangan ini meliputi tiga tahap. Tahap perancangan diawali dengan analisis kebutuhan dan literatur, penyusunan perangkat tes, analisis butir melalui validasi isi, dan revisi. Tahap uji coba lapangan melibatkan 497 siswa kelas XI dari tiga SMA negeri di Yogyakarta yang dipilih secara stratified random sampling. Validitas konstruk diuji dengan confirmatory factor analysis (CFA) dan reliabilitas diestimasi menggunakan KR-20. Analisis karakteristik butir dan fungsi informasi tes dilakukan dengan pendekatan teori respons butir (TRB). Penyetaraan horizontal memanfaatkan paket “equateIRT” berbantuan program R melalui metode Haebara, Stocking–Lord, Mean–Mean, Mean–Sigma, dan Mean Geometric-Mean; metode terbaik dipilih berdasarkan nilai Root Mean Square Difference (RMSD) dan nilai agregat.\r\nHasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) dihasilkan dua perangkat tes paralel, masing-masing berisi 30 item pilihan majemuk yang merepresentasikan delapan dimensi; (2) pada setiap paket, 29 item terbukti valid dan reliabel berdasarkan validasi isi, CFA, reliabilitas klasik, serta analisis butir dan fungsi informasi TRB; (3) analisis awal menegaskan kedua paket belum paralel. Konstanta penyetaraan A dan B berturut-turut adalah Haebara (0,824; –0,170), Stocking–Lord (0,991; –0,111), Mean–Mean (1,041; –0,123), Mean–Geometric-Mean (0,993; 0,137), dan Mean–Sigma (1,045; –0,122). Stocking–Lord dipilih sebagai metode terbaik berdasarkan nilai agregat dan kesesuaian kurva karakteristik tes; (4) kemampuan fisika peserta didik pada topik Mekanika tergolong rendah, dengan capaian tertinggi pada subtopik Besaran Gerak dan GLB/GLBB, serta terendah pada Hukum Newton."^^ . "2025-07-01" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Siti"^^ . "Nurjanah"^^ . "Siti Nurjanah"^^ . . "Supahar"^^ . "Supahar"^^ . "Supahar Supahar"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Fisika Siswa SMA Topik Mekanika Berbasis Penyetaraan tanpa Butir Bersama. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88385 \n\nPengembangan Instrumen Penilaian Kemampuan Fisika Siswa SMA Topik Mekanika Berbasis Penyetaraan tanpa Butir Bersama.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Fisika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .