%0 Thesis %9 S2 %A Safitri, Rina %A Rosnawati, Raden %B Penelitian dan Evaluasi Pendidikan %D 2025 %F UNY:88381 %I Sekolah Pascasarjana %K literasi data, kompetensi, mahasiswa calon guru %T Pengembangan Instrumen Literasi Data untuk Mahasiswa Calon Guru. %U http://eprints.uny.ac.id/88381/ %X Keterampilan literasi data menjadi salah satu future skills 2030 yang merupakan kompetensi yang harus dimiliki oleh calon guru di era digital. Namun, pengukuran terhadap literasi data mahasiswa calon guru masih terbatas, baik dari segi ketersediaan instrumen yang valid maupun penerapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) konstruk instrumen literasi data untuk mahasiswa calon guru, (2) kualitas instrumen literasi data untuk mahasiswa calon guru, (3) profil literasi data untuk mahasiswa calon guru, dan (4) kepraktisan instrumen literasi data untuk mahasiswa calon guru. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan menggabungkan prosedur pengembangan dari Mardapi, Retnawati, dan Istiyono. Subjek penelitian terdiri dari 291 mahasiswa PGSD di UNY dan PGRI Palembang. Prosedur pengembangan instrumen literasi data terdiri dari 10 tahapan pengembangan dan teknik analisi data yang digunakan standart setting. Validasi isi dibuktikan melalui expert judgement menggunakan formula Aiken’s V, validitas konstruk dibuktikan melalui Confirmatory Factor Analysis, dan karakterstik instrument dan kemampuan siswa dianalisis menggunakan pendekatan Item Response Theory model 2PL. Keandalan instrument disetimasi berdasarkan nilai Total Information Function dan Standar Error Measurement. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen literasi data yang dikembangkan valid secara isi dengan indeks Aiken > 0,78, valid secara konstruk dengan hasil CFA yang memenuhi kriteria fit model ditandai dengan nilai Chi- Square = 511,24 dengan df = 471, p-value = 0,10 serta nilai RMSEA = 0,02, dan memiliki reliabilitas yang tinggi dengan koefisien Cronbach Alpha sebesar 0,84 dengan aspek pengumpulan data, interpretasi, komunikasi, aplikasi/evaluasi, dan etika data. Tingkat literasi data mahasiswa calon guru terbagi dalam empat kategori: mahir (7,94%), cakap (17,46%), dasar (21,16%), dan perlu intervensi khusus (53,44%). Respon 88,84% mahasiswa dan 95,78% dosen menunjukkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan berada pada kategori praktis.