<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Model E-learning Berbasis Massive Open Online Course (MOOC)\r\nuntuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Mahasiswa."^^ . "Penelitian ini dilakukan untuk (1) mengembangkan produk e-learning berbasis MOOC,\r\n(2) menghasilkan produk e-learning berbasis Massive Open Online Course (MOOC) yang\r\nuntuk meningkatkan literasi ekonomi (3) menguji validitas produk yag dikembangkan, (4)\r\nmenguji keefektifan produk e-learning berbasis MOOC , dan (5) mennguji kepraktisan produk\r\ne-learning berbasis MOOC untuk meningkatkan literasi ekonomi mahasiswa. Produk ini\r\ndidasarkan pada prinsip-prinsip konektivitas, konstruktivisme, dan mengadaptasi component\r\ndisplay theory untuk membantu memberikan pengalaman yang lebih bermakna dan fleksibel.\r\nHal ini bertujuan untuk merekomendasikan pendidikan literasi ekonomi yang mudah diakses,\r\nefektif, interaktif dan relevan dengan isu-isu ekonomi yang dihadapi masyarakat saat ini.\r\nPeneltiian ini menggunakan metode R&D (Research and Development) yang dilakukan\r\ndengan tahapan need assessment, front end analysis, design, development, implementation,\r\nevaluation, analysis. Penelitian dilakukan di Universitas Negeri Yogyakarta dan Universitas\r\nNahdlotul Ulama, dengan menggunakan 88 mahasiswa sebagai responden. Data yang\r\ndikumpulkan terdiri atas survei, validasi oleh para ahli, dan juga penilaian terhadap uji\r\ncoba produk yang dilakukan dengan cara pre-test dan post-test, untuk mengetahui sejauh\r\nmana peningkatan literasi ekonomi yang terjadi. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner\r\nvalidasi ahli dan skala Likert untuk uji kepraktisan produk. Penelitian ini menggunakan\r\nanalisis kuantitatif dan kualitatif, termasuk analisis pre-test dan post-test, serta analisis\r\nnetnografi untuk substansi konten.\r\nTemuan penelitian menunjukkan bahwa: 1) Pengembangan produk dimulai dengan\r\nmelakukan analisis kebutuhan, mendesain, mengembangkan, mengimplimentasikan,\r\nmengevaluasi dan menganalisis produk; 2) model e-learning berbasis MOOC yang\r\ndikembangkan memiliki karkateristik fleksibel, terbuka, interaktif, asinkron, dan memiliki\r\nstudi kasus dari hasil netnografi; 3) Produk ini telah teruji oleh ahli media memiliki 92,9%\r\nvaliditas tinggi dan ahli materi 85% validitas tinggi (V ≥ 0.8); 4) Produk ini efektif\r\nmeningkatkan literasi ekonomi mahasiswa dengan nilai p-value = 0,0001 dan memiliki nilai\r\nCohen’s d = 0,89 (kategori besar); 5) Pengujian kepraktisan produk juga menunjukkan sangat\r\npraktis sebesar 88,75%. Penelitian selanjutnya dapat berfokus pada efektivitas jangka panjang\r\ndari penggunaan produk ini serta membangun tema-tema literasi ekonomi yang lebih\r\nmendalam."^^ . "2025-08-05" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Sukirno"^^ . "Sukirno"^^ . "Sukirno Sukirno"^^ . . "Ahmad Chafid"^^ . "Alwi"^^ . "Ahmad Chafid Alwi"^^ . . . . . . "Model E-learning Berbasis Massive Open Online Course (MOOC)\r\nuntuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Mahasiswa. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88338 \n\nModel E-learning Berbasis Massive Open Online Course (MOOC) \nuntuk Meningkatkan Literasi Ekonomi Mahasiswa.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Tinggi"@en . . . "Media Pendidikan" . .