relation: http://eprints.uny.ac.id/88336/ title: Pengembangan Model Problem-Based Learning Berpendekatan Science, Environment, Technology, Society (PBL-SETS) pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Ekoliterasi Siswa Sekolah Dasar. creator: Wardani, Kristi creator: Dwiningrum, Siti Irene Astuti subject: Ilmu Pengetahuan Alam subject: Pendidikan Guru Sekolah Dasar description: Penelitian ini bertujuan untuk 1) menghasilkan model Problem-Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (PBL-SETS) pada mata pelajaran IPAS, 2) menghasilkan model Problem-Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (PBL-SETS) yang layak untuk meningkatkan ecoliteracy siswa, 3) menghasilkan model Problem-Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (PBL-SETS) pada mata pelajaran IPAS yang praktis untuk meningkatkan ecoliteracy siswa, dan 4) menghasilkan model Problem-Based Learning berpendekatan Science, Environment, Technology and Society (SETS) pada mata pelajaran IPAS yang efektif untuk meningkatkan ekoliterasi siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan dengan menerapkan prosedur Borg and Gall yang terdiri dari 10 langkah. Subjek uji coba lapangan utama yaitu 66 siswa kelas IV yang berasal dari 33 siswa di kelas eksperimen, dan 33 siswa di kelas kontrol pada satu sekolah dasar di Kabupaten Sleman. Subjek uji coba lapangan operasional yaitu 124 siswa kelas IV yang berasal dari 62 siswa di kelas eksperimen, dan 62 siswa di kelas kontrol dari dua SD di Kabupaten Sleman. Data yang dikumpulkan berupa data kualitatif dan kuantitatif. Data analisis kebutuhan dianalisis menggunakan deskriptif kuantitatif; data kelayakan dan kepraktisan model PBL-SETS dianalisis menggunakan deksriptif statistik; dan data keefektifan menggunakan desain ekperimen nonequivalent pretest-posttest quasi-eksperimental yang dianalisis dengan paired sampel t-test dan independent sample t-test. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut (1) Model PBL-SETS terdiri dari landasan filosofi (progresivisme), teori belajar konstruktivistik (teori perkembangan kognitif Piaget, teori sosiokultural Vygotsky); sintaks (orientasi, eksplorasi, investigasi, presentasi hasil, dan evaluasi); prinsip reaksi (respon guru terhadap siswa); sistem sosial (kerja sama antar siswa); sistem pendukung (buku model, buku panduan, modul ajar, LKPD, instrumen ekoliterasi); dampak instruksional (ekoliterasi); dampak pengiring (kekompakan, kreatif, sikap positif terhadap kepedulian lingkungan); (2) Model PBL-SETS dinyatakan layak dalam pembelajaran IPAS berdasarkan penilaian dari ahli (dosen dan praktisi); (3) Model PBL-SETS yang dinyatakan sangat praktis berdasarkan hasil uji kepraktisan dan keterlaksanaan model pada uji coba lapangan utama dan operasional; (4) Model PBL-SETS efektif dalam meningkatkan ekoliterasi siswa pada pembelajaran IPAS di sekolah dasar. Keefektifan model pembelajaran dilihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara kelas yang menggunakan PBL- SETS dengan pembelajaran konvensional. Dengan demikian, model PBL-SETS berpengaruh signifikan terhadap peningkatan ekoliterasi siswa SD. date: 2025-07-29 type: Thesis type: NonPeerReviewed format: text language: en identifier: http://eprints.uny.ac.id/88336/1/disertasi_kristi%20wardani_18703264012.pdf identifier: Wardani, Kristi and Dwiningrum, Siti Irene Astuti (2025) Pengembangan Model Problem-Based Learning Berpendekatan Science, Environment, Technology, Society (PBL-SETS) pada Mata Pelajaran IPAS untuk Meningkatkan Ekoliterasi Siswa Sekolah Dasar. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana.