eprintid: 88284 rev_number: 19 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/82/84 datestamp: 2025-11-03 04:32:52 lastmod: 2025-11-03 06:58:39 status_changed: 2025-11-03 04:32:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Labib, Umar Abdul creators_name: Paidi, Paidi title: Pengembangan Model VLABBIL (Virtual Laboratory Based Biology Learning) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis Mahasiswa. ispublished: pub subjects: D4 divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: berpikir analitis, berpikir kritis, virtual reality technology (VRT), model pembelajaran VLABBIL. abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Menghasilkan model pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis mahasiswa (2) menghasilkan model pembelajaran yang valid, (3) praktis, dan (4) efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis mahasiswa. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan mengacu pada Model Design and Development Research (DDR) dengan prosedur penelitian yang dimulai dengan mengidentifikasi masalah, mendeskripsikan tujuan, mendesain dan mengembangkan produk, menguji produk, mengevaluasi hasil pengujian dan mengkomunikasikan hasil pengujian. Produk yang dikembangkan adalah model pembelajaran VLABBIL yang didesain khusus terintegrasi Virtual Reality Technology (VRT). Subjek dalam uji validitas instrumen adalah 211 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Sanata Dharma, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga, Universitas Ahmad Dahlan dan Universitas Negeri Yogyakarta, sedangkan subjek dalam uji produk akhir adalah 76 mahasiswa Prodi Pendidikan Biologi, Universitas Negeri Yogyakarta. Data hasil uji kevalidan produk dianalisis dengan teknik analisis deskriptif dan formula Aiken’s V; data hasil uji kepraktisan produk dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, dan uji dengan program Quest berdasarkan kriteria nilai INFIT MNSQ; sedangkan data hasil uji keefektifan produk dianalisis dengan teknik analisis deskriptif, paired sample t-test dan uji MANOVA, uji ANOVA dan dihitung menggunakan Cohen's d effect size. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Model VLABBIL disusun berdasarkan integrasi konstruktivisme, experiential learning, dan connectivism. berpadu dengan VRT dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir analitis dan kritis mahasiswa. (2) Menurut penilaian para ahli, model pembelajaran VLABBIL sangat valid untuk digunakan dalam pembelajaran biologi. (3) Hasil uji kepraktisan berdasarkan penilaian persepsi dosen dengan skor 88,89% (sangat praktis) dan mahasiswa dengan skor 86,84% (sangat praktis). berdasarkan skor keterlaksanaan pembelajaran yakni 93,75% (sangat baik) menunjukkan model VLABBIL sangat praktis. (4) Berdasarkan hasil uji independent sample t-test hasil post-test dengan nilai signifikansi 0,00 (sig.< 0,05) menunjukkan adanya perbedaan rata-rata kemampuan berpikir analitis dan kritis pada kelas eksperimen dan kelas kontrol menunjukkan keefektifan model. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran VLABBIL terintegrasi VRT valid, praktis, dan efektif dalam kemampuan berpikir analitis dan kritis mahasiswa. date: 2025-07-09 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Labib, Umar Abdul and Paidi, Paidi (2025) Pengembangan Model VLABBIL (Virtual Laboratory Based Biology Learning) untuk Mengembangkan Kemampuan Berpikir Analitis dan Kritis Mahasiswa. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88284/1/disertasi_umar%20abdul%20labib_21703261020.pdf