<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa dalam Kewarganegaraan Ekologis di Daerah Istimewa Yogyakarta."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk : 1) menguji konstruksi teoretis tanggung jawab sosial sebagai individu dalam kewarganegaraan ekologis; 2) mendeskripsikan profil tanggung jawab sosial mahasiswa dalam kewarganegaraan ekologis di DIY; 2) menganalisis pola tanggung jawab sosial mahasiswa dalam kewarganegaraan ekologis di DIY; 4) menyusun desain konseptual pendidikan tanggung jawab sosial sebagai individu dalam kewarganegaraan ekologis.\r\nPenelitian ini menggunakan pendekatan campuran dengan strategi eksplanatoris sekuensial, melalui tahapan berikut : 1) penelitian kuantitatif dengan analisis SEM dan analisis deskritif. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner. Interrater validity menggunakan koefisien Aiken’s V dan uji empirik menggunakan confirmatory factor analysis; 2) penelitian kualitatif fenomenologi, menggunakan wawancara mendalam-semi terstruktur, uji keabsahan triangulasi sumber, dan analisis data interpretatif; 3) penelitian kualitatif dengan studi literatur melalui kajian literatur dan meta-analisis, yang dianalisis dengan langkah reduksi, penyajian, dan verifikasi.\r\nHasil penelitian: 1) Uji konstruksi teoretis tanggung jawab sosial sebagai individu dalam kewarganegaraan ekologis menunjukkan: interrater validity berdasarkan koefisien Aiken’s V dalam kategori sangat tinggi dengan nilai 0,80 0,5; reliabilitas konstruk dikategorikan baik dengan nilai CR > 0,7; uji kecocokan model dengan Goodness of Fit Index menunjukkan kecocokan model yang baik; 2) Profil tanggung jawab sosial mahasiswa dalam kewarganegaraan ekologis menunjukkan 15,6% sangat tinggi, 33,49% tinggi, 35,62% rendah, dan 15,26% sangat rendah; 3) Pola tanggung jawab sosial mahasiswa dalam kewarganegaraan ekologis mencakup: aspek pengetahuan (ekologis, kontekstual, tindakan dan nilai); aspek sikap (perilaku pro lingkungan aktivisme, pro lingkungan non aktivis di ruang publik, dan pro lingkungan ruang privat); dan aspek karakter (keadilan ekologis dan kesadaran ekosentrisme); 4) Desain konseptual pendidikan tanggung jawab sosial sebagai individu dalam kewarganegaraan ekologis disusun berdasarkan tiga tahapan: deskripsi desain konseptual, uji kelayakan desain konseptual, dan penyempurnaan desain konseptual. Desain konseptual ini bertujuan mengembangkan tanggung jawab sosial individu dalam kewarganegaraan ekologis melalui kolaborasi antara keluarga, sekolah, dan masyarakat guna membentuk pendidikan yang efektif dan holistik; peningkatan pengetahuan, sikap, dan karakter berwawasan lingkungan; penerapan kerangka pendidikan yang sistematis dan kontekstual; serta pembentukan perilaku pro-lingkungan yang konsisten dan berkelanjutan. Hasil uji kelayakan terhadap desain menunjukkan bahwa interrater validity berdasarkan koefisien Aiken’s V memperoleh nilai di atas 0,80, sehingga desain konseptual pendidikan dinyatakan sangat layak."^^ . "2025-06-20" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Ilmu Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Mukhammad"^^ . "Murdiono"^^ . "Mukhammad Murdiono"^^ . . "Annisa"^^ . "Istiqomah"^^ . "Annisa Istiqomah"^^ . . . . . . "Tanggung Jawab Sosial Mahasiswa dalam Kewarganegaraan Ekologis di Daerah Istimewa Yogyakarta. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88278 \n\nTanggung Jawab Sosial Mahasiswa dalam Kewarganegaraan Ekologis di Daerah Istimewa Yogyakarta.\n\n" . "text/html" . . . "Psikologi Sosial"@en . . . "Kewarganegaraan dan Hukum" . .