eprintid: 88272 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/82/72 datestamp: 2025-10-30 08:53:52 lastmod: 2025-10-30 08:53:52 status_changed: 2025-10-30 08:53:52 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Hariyanto, Hariyanto creators_name: Budiningsih, Asri title: Efektivitas Integrasi Model Problem-Based Learning dan Group Investigation Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. ispublished: pub subjects: D4 divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: problem-based learning, group investigation, berpikir kritis, kolaborasi, Pendidikan tinggi. abstract: Pengembangan keterampilan berpikir kritis (yoniso-manasikāra, investigasi rasional) dan kolaborasi (kalyāṇa-mittatā) merupakan tuntutan utama dalam pembelajaran abad 21. Model Problem-Based Learning (PBL) dan Group Investigation (GI) berpotensi meningkatkan kedua keterampilan tersebut melalui proses pemecahan masalah dan kerja sama tim. Penelitian ini bertujuan untuk menguji efektivitas integrasi model PBL dan GI terhadap keterampilan berpikir kritis dan kolaborasi mahasiswa pada mata kuliah Media Pembelajaran. Penelitian menggunakan desain kuasi-eksperimen dengan pendekatan pretest-posttest control group design. Sampel terdiri dari 125 mahasiswa, terbagi dalam kelompok eksperimen (n = 64) dan kelompok kontrol (n = 61), yang dipilih dengan teknik cluster random sampling. Kelompok eksperimen mendapatkan perlakuan pembelajaran berbasis integrasi PBL dan GI, sementara kelompok kontrol mengikuti pembelajaran konvensional. Data keterampilan berpikir kritis dikumpulkan melalui instrumen tes dan kolaborasi melalui instrumen angket, data dianalisis menggunakan uji t-test dan multivariate test dengan bantuan SPSS 16.0. Hasil analisis menunjukkan bahwa model PBL-GI efektif meningkatkan keterampilan berpikir kritis mahasiswa dengan nilai signifikansi p = 0,015, dan keterampilan kolaborasi dengan nilai p = 0,028. Secara simultan, model ini juga meningkatkan kedua keterampilan tersebut dengan nilai p = 0,001. Integrasi PBL dan GI efektif meningkatkan berpikir kritis dan kolaborasi mahasiswa. Penelitian ini memberikan kontribusi teoritis terhadap pengembangan model pembelajaran integratif berbasis konstruktivisme dan rekomendasi praktis bagi pendidik dalam merancang pembelajaran yang lebih relevan dengan tantangan pendidikan tinggi masa kini. date: 2025-06-12 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Hariyanto, Hariyanto and Budiningsih, Asri (2025) Efektivitas Integrasi Model Problem-Based Learning dan Group Investigation Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Kolaborasi Mahasiswa Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88272/1/disertasi_hariyanto_18703264002.pdf