eprintid: 88265 rev_number: 10 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/82/65 datestamp: 2025-10-30 08:12:47 lastmod: 2025-10-30 08:12:47 status_changed: 2025-10-30 08:12:47 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Lalay, Melki Oktofianus creators_name: Rochmat, Saefur title: Pendidikan Multikultural dalam Budaya Panen Lontar menurut. Adat Orang Rote. ispublished: pub subjects: C3 subjects: D0 subjects: sos_multikultural divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: Pendidikan Multikutural, Budaya Panen Lontar, Etnografi, Integrasi Kurikulum abstract: Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis penerapan pendidikan multikultural dalam budaya panen lontar di kalangan masyarakat Rote, Fokusutama adalah untuk memahami bagaimana nilai-nilai budaya lokal dapat diintregrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi, yang melibatkan konservasi langsung dan wawancara mendalam dengan anggota masyarakat Rote, termasuk tokoh adat. Data yang dikumpulkan dianalisis untuk mengidentifikasi pola dan tema yang berkaitan dengan pendidikan multikultural dan budaya panen lontar. Penelitian ini juga mempertimbangkan konteks sosial dan budaya dalam sistem pendidikan di Indonesia. Hasil penelitian menunjukkan bahawa: Nilai-nilai dari budaya panen lontar dapat diintegrasikan ke dalam kurikulum pendidikan formal, mendukung dimensi pendidikan multikultural dan profil pelajar pancasila. Keterlibatan masyarakat dalam proses pendidikan terbukti dapat menciptakan lingkungan belajar yang inklusif dan responsif terhadap kebutuhan lokal. date: 2025-01-23 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Lalay, Melki Oktofianus and Rochmat, Saefur (2025) Pendidikan Multikultural dalam Budaya Panen Lontar menurut. Adat Orang Rote. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88265/1/disertasi_melki%20oktovianus%20lalay_21703261048.pdf