eprintid: 88261 rev_number: 8 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/82/61 datestamp: 2025-10-24 04:33:03 lastmod: 2025-10-24 04:33:03 status_changed: 2025-10-24 04:33:03 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Desty, Puspita Sari creators_name: Harun, Harun title: Model Cooperative Learning Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. ispublished: pub subjects: media_pend subjects: pssd_pgpaud divisions: pps_ip full_text_status: restricted keywords: cooperative learning, kecerdasan interpersonal, permainan tradisional abstract: Kecerdasan interpersonal adalah kemampuan anak dalam bersosial dengan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran cooperative learning berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan, yang menggunakan model desain penelitian dengan 10 langkah Borg dan Gall.subjek penelitain anak Taman Kanak￾Kanak Bengkulu Selatan. Pengumpulan data dengan angket dan skala penilaian panduan, wawancara, lembar observasi, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) model pembelajaran cooperative learning berbasis permainan tradisional meliputi sintaks rasional, identifikasi kecerdasan interpersonal anak, dan praktik. Model ini didukung oleh sistem sosial, yaitu kepala sekolah, guru, dan orang tua. Prinsip reaksi guru sebagai model, fasilitator, evaluator, dan motivator. Sistem pendukung meliputi perangkat pembelajaran, media, buku, dan instrumen. Dampak instruksionalnya yaitu pengembangan kecerdasan interpersonal positif pada anak, dampak pengiring yaitu pengembangan aspek lain pada anak. 2) model pembelajaran cooperative learning berbasis permainan tradisional memenuhi kriteria layak dari model, media, materi dan instrumen. 3) model pembelajaran cooperative learning berbasis permainan tradisional terbukti efektif untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini dengan hasil signifikasi kelas kontorl nilai pre-test 42, 7 dan post-test 51, 5, kelas ekperimen nilai pre-test 41, 7 dan post-test 85,7. Guru diharapkan terampil, kretif, dan inovatif dan menggunakan model pembelajaran cooperative learning berbasis permainan tradisional untuk mengembangkan kecerdasan interpersonal anak usia dini. date: 2025-04-15 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Ilmu Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Desty, Puspita Sari and Harun, Harun (2025) Model Cooperative Learning Berbasis Permainan Tradisional untuk Mengembangkan Kecerdasan Interpersonal Anak Usia Dini. S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88261/1/disertasi_desty%20puspita%20sari_22703261031.pdf