%0 Thesis %9 S3 %A Purnama, Aditya Yoga %A Ariswan, Ariswan %B Ilmu Pendidikan %D 2025 %F UNY:88253 %I Sekolah Pascasarjana %K kemandirian belajar, keterampilan pemecahan masalah, Model E- PINTER %T Pengembangan Model E-PINTER untuk Meningkatkan Keterampilan Pemecahan Masalah dan Kemandirian Belajar Peserta Didik. %U http://eprints.uny.ac.id/88253/ %X Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan desain model projek inkuiri terbimbing (E-PINTER) untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik dan (2) menghasilkan model pembelajaran E-PINTER yang layak, praktis, dan efektif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik. Penelitian ini merupakan research and development yang mengadopsi prosedur pengembangan dari Borg & Gall, yang meliputi (1) penelitian awal dan pengumpulan informasi, (2) perencanaan, (3) pengembangan produk awal, (4) uji coba awal, (5) revisi produk utama, (6) uji coba terbatas, (7) revisi produk operasional, (8) uji coba luas, (9) revisi produk final, dan (10) diseminasi dan implementasi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI SMA di Kabupaten Bantul tahun ajaran 2024/2025. Instrumen yang digunakan adalah angket validasi produk, angket kepraktisan produk, angket keterbacaan, lembar observasi keterlaksanaan pembelajaran, tes keterampilan pemecahan masalah, dan angket kemandirian belajar. Data hasil penelitian dianalisis secara deskriptif dan dengan menggunakan statistik inferensial. Hasil penelitian adalah sebagai berikut. (1) Desain model E-PINTER yang dikembangkan dikemas dalam sebuah e-learning dengan memuat buku elektronik model beserta perangkatnya. (2) Model E-PINTER yang dihasilkan layak, praktis, dan efektif dalam meningkatkan keterampilan pemecahan masalah dan kemandirian belajar peserta didik. Efektivitas model yang dikembangkan terlihat dari adanya perbedaan yang signifikan antara pembelajaran dengan model E￾PINTER dibandingkan pembelajaran yang biasa digunakan guru di sekolah.