<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Model Evaluasi Program Pemberdayaan Pesantren."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji model evaluasi \r\nprogram pemberdayaan pesantren. Model ini mengintegrasikan lima komponen \r\nevaluasi utama—inputs, proses, output, outcome, dan impact—ke dalam sistem \r\ndigital berbasis Learning Management System (LMS). Tujuan utama penelitian ini \r\nadalah: (1) mengembangkan model evaluasi program pemberdayaan pesantren \r\nyang mampu mengukur keberhasilan dan dampak program pada masing-masing \r\nkomponen, yaitu input, proses/kegiatan, output, outcome, dan impaknya; (2) \r\nmenguji keefektifan model evaluasi program pemberdayaan pesantren dalam \r\nmengukur keberhasilan dan dampak program secara komprehensif; (3) menguji \r\nkepraktisan model evaluasi program pemberdayaan pesantren dalam implementasi \r\ndi berbagai konteks dan program pemberdayaan.\r\nPeneltian ini menggunakan pendekatan explanatory sequential mixed \r\nmethods dan desain pengembangan model ADDIE, penelitian ini diawali dengan \r\nuji validitas dan reliabilitas instrumen secara kuantitatif terhadap 73 santri peserta \r\nprogram, kemudian dilanjutkan dengan eksplorasi kualitatif melalui wawancara \r\ndan observasi di pesantren Annur 1 Bululawang Kabupaten Malang Jawa Timur. \r\nHasil analisis validitas dari validasi expert menunjkkan indeks Aiken’s V untuk \r\ndimensi input, proses, output, outcome dan impact adalah tinggi (> 0.9) sementara \r\nhasil reliabilitas menunjukan semua dimensi dalam model memiliki koefisien \r\nreliabilitas yang tinggi ( >0.8). Analisis data hasil pertanyaan terbuka dilakukan \r\nsecara tematik\r\nHasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Penelitian ini menghasilkan \r\nmodel evaluasi program pemberdayaan pesantren yang komprehensif bernama \r\nHAEM (Holistic Adaptive Evaluation Model) dengan lima komponen evaluasi: \r\ninput, proses, output, outcome, dan impact; (2) Model HAEM terbukti efektif \r\nmengevaluasi program secara holistik, memadukan evaluasi formatif dan sumatif, \r\nserta mendukung pengambilan keputusan berbasis data; (3) Model ini juga praktis \r\ndiimplementasikan melalui platform LMS secara efisien dan partisipatif, meskipun \r\nmasih menghadapi tantangan pada pesantren dengan keterbatasan infrastruktur dan \r\nliterasi digital. Penelitian ini juga menegaskan pentingnya adaptasi teknologi dan \r\npenguatan kapasitas digital dalam ekosistem pesantren sebagai syarat keberhasilan \r\nmodel. Implikasi dari penelitian ini memperkuat posisi pesantren sebagai agen \r\ntransformasi sosial dan membuka peluang replikasi HAEM di sektor pemberdayaan \r\nlainnya."^^ . "2025-07-30" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Abdulloh"^^ . "Chakim"^^ . "Abdulloh Chakim"^^ . . "Suranto"^^ . "Suranto"^^ . "Suranto Suranto"^^ . . . . . . "Pengembangan Model Evaluasi Program Pemberdayaan Pesantren. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88236 \n\nPengembangan Model Evaluasi Program Pemberdayaan Pesantren.\n\n" . "text/html" . . . "Agama"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Studi Islam" . .