<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Karakter Utama Dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs Dan Faktor Yang Mempengaruhinya."^^ . "Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengidentifikasi nilai-nilai karakter \r\nutama yang paling dominan, 2) menganalisis bagaimana kelima nilai karakter \r\nutama diinternalisasikan, dan 3) mengungkap faktor-faktor internal dan eksternal \r\nyang mempengaruhi integrasi nilai karakter dalam pembelajaran matematika di \r\ntingkat SMP/MTs di Kota Kupang. Lima nilai karakter yang menjadi fokus utama \r\nmencakup religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas.\r\nMetode yang digunakan adalah pendekatan campuran (mixed methods) \r\ndengan desain concurrent embedded. Lokasi penelitian meliputi dua sekolah dan 2 \r\nmadrasah setingkat menengah pertama di Kota Kupang, dengan melibatkan 303 \r\nsiswa sebagai subjek penelitian. Data kuantitatif dikumpulkan melalui angket \r\nyang terdiri dari 15 item pernyataan, sedangkan data kualitatif diperoleh melalui \r\nwawancara mendalam dengan guru matematika, observasi kelas, dan studi \r\ndokumentasi. Data kuantitatif akan dilakukan uji validitas, reliabilitas dengan \r\nSEM dan CFA dan juga uji keterbacaan kepada guru sedangkan data kualitatif \r\nmelalui triangulasi.\r\nHasil penelitian 1) dari lima nilai karakter yang diteliti, integritas, religius, \r\ndan nasionalis berpengaruh signifikan terhadap pembentukan karakter dalam \r\npembelajaran matematika, dengan integritas sebagai prediktor paling kuat. Nilai \r\nmandiri dan gotong royong tidak menunjukkan pengaruh signifikan secara \r\nstatistik. Model SEM memiliki kecocokan yang tinggi (R² = 0,857), dan validitas \r\nkonstruk melalui CFA juga dinyatakan baik (GFI = 0,92; CFI = 0,95; RMSEA = \r\n0,06). 2) temuan kualitatif mengungkap bahwa strategi guru dalam mengaitkan \r\nmateri matematika dengan kehidupan nyata, penerapan pembelajaran berbasis \r\nmasalah, dan keteladanan guru sangat memengaruhi pembentukan karakter siswa. \r\nNilai mandiri dominan terlihat melalui tugas individual, sedangkan integritas \r\nmelalui kejujuran saat mengerjakan soal. Nilai religius dan nasionalis kurang \r\ndiangkat kecuali jika guru secara khusus mengaitkannya dengan konteks tertentu. \r\n3) faktor yang mempengaruhi integrasi nilai karakter dalam pembelajaran yaitu\r\npengembangan strategi pembelajaran kontekstual berbasis nilai oleh guru dan \r\nperan aktif dari seluruh ekosistem sekolah dan madrasah dalam pembentukan \r\nkarakter siswa secara menyeluruh."^^ . "2025-07-23" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Darmanto"^^ . "Minggele"^^ . "Darmanto Minggele"^^ . . "Jailani"^^ . "Jailani"^^ . "Jailani Jailani"^^ . . . . . . "Karakter Utama Dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs Dan Faktor Yang Mempengaruhinya. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88226 \n\nKarakter Utama Dalam Pembelajaran Matematika SMP/MTs Dan Faktor Yang Mempengaruhinya.\n\n" . "text/html" . . . "Matematika"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .