<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Sains dan \r\nRekayasa Siswa SMK Berorientasi Standar Sains Next Generation."^^ . "Keterampilan sains dan rekayasa merupakan bagian penting yang perlu \r\ndiperhatikan pada proses perkembangan setiap anak. Keterampilan tersebut menjadi \r\nbekal krusial bagi anak untuk belajar dan terus mengembangkan potensinya. Dalam \r\nkonteks pendidikan kejuruan, banyak siswa dan lulusan SMK yang dikritik tidak \r\nmampu mengembangkan potensi secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk (1) \r\nMenghasilkan instrumen pengukur keterampilan sains dan rekayasa yang cocok untuk \r\nsiswa SMK berorientasi standar sains next generation (NGSS), (2) Menguji kualitas \r\ninstrumen, (3) Menganalisis tingkat kepraktisan instrumen, dan (4) Mendeskripsikan \r\nprofil keterampilan sains dan rekayasa siswa SMK hasil pengukuran.\r\nPenelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang difokuskan pada\r\nkonstruksi instrumen dan pengukuran keterampilan siswa. Model pengembangan \r\nyang digunakan merupakan modifikasi model pengembangan tes Oriondo dan Dallo￾Antonio (1998), Lane, Raymond, & Haladyna (2015) dan Azwar (2016) yang \r\ndisintesis menjadi tiga tahap yaitu (1) Tahap desain instrumen, (2) Tahap uji kualitas \r\ninstrumen, dan (3) Tahap pengukuran keterampilan siswa. Subjek penelitian pada \r\ntahap uji kualitas instrumen meliputi ahli bidang pendidikan kejuruan, ahli penilaian \r\npendidikan, dan guru SMK berpengalaman dan 656 siswa. Pada tahap pengukuran, \r\nsubjek penelitian sebanyak 326 siswa yang dipilih secara purposif. Teknik analisis \r\nuntuk menentukan kualitas instrumen terdiri dari analisis validitas dengan formula \r\nAiken dan analisis nilai infit MNSQ, kalibrasi karakteristik item instrumen dengan \r\nPartial Credit Model (PCM), dan analisis reliabilitas Cronbach. Kemudian, analisis \r\nkepraktisan instrumen dan profil keterampilan siswa dilakukan menggunakan \r\nstatistika deskriptif.\r\nHasil penelitian berupa instrumen dua paket tes esai (A dan B) untuk mengukur \r\nketerampilan sains dan rekayasa siswa SMK bidang teknik mesin. Berdasar hasil \r\nanalisis dapat disimpulkan bahwa (1) Masing-masing paket terdiri dari 25 item soal \r\nesai dengan 5 item bersama (anchor). (2) Instrumen tes berkualitas baik dibuktikan \r\nmelalui analisis validitas isi dengan indeks Aiken sebesar 0,840 untuk tes A dan \r\n0,844 untuk tes B, pemenuhan kriteria validitas empiris dari analisis infit MNSQ, \r\nestimasi reliabilitas skor hasil uji coba dengan koefisien Alfa Cronbach sebesar 0,860 \r\nuntuk tes A dan 0,841 untuk tes B, serta tingkat kesulitan semua butir sesuai kriteria \r\nantara –2 hingga +2. (3) Tingkat kepraktisan mencapai 100% di mana semua guru \r\n(14) yang terlibat dalam penelitian menyatakan bahwa instrumen tes mudah \r\nditerapkan di kelas. (4) Berdasar hasil pengukuran, keterampilan sains dan rekayasa \r\nsiswa SMK secara keseluruhan masih tergolong rendah dengan rata-rata 26,58 \r\ndengan rincian keterampilan perumusan masalah (43,47), analisis (24,11), pemodelan \r\n(20,19), dan komunikasi (15,80). Lebih lanjut guru/peneliti dapat menggunakan dan \r\natau memodifikasi instrumen untuk keperluan penilaian atau penelitian terkait \r\nketerampilan sains dan rekayasa"^^ . "2025-05-15" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Edi"^^ . "Istiyono"^^ . "Edi Istiyono"^^ . . "Ikhsanudin"^^ . "Ikhsanudin"^^ . "Ikhsanudin Ikhsanudin"^^ . . . . . . "Pengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Sains dan \r\nRekayasa Siswa SMK Berorientasi Standar Sains Next Generation. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88219 \n\nPengembangan Instrumen Pengukuran Keterampilan Sains dan \nRekayasa Siswa SMK Berorientasi Standar Sains Next Generation.\n\n" . "text/html" . . . "Pendidikan Kejuruan"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Ilmu Pengetahuan Alam" . .