<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Model Penilaian Kepribadian Islami Guru Madrasah Aliyah Negeri di \r\nDaerah Istimewa Yogyakarta."^^ . "Fenomena umum belum mantapnya kepribadian Islami di kalangan guru \r\nseperti penyebaran hoax, ujaran kasar, pesimisme, kekerasan seksual, kemalasan, \r\ndan kurangnya kesungguhan dan kreativitas, menunjukkan urgensi penguatan \r\nkepribadian guru. Di madrasah aliyah, kurangnya kesungguhan dan lemahnya \r\nkreativitas juga terjadi, padahal guru memiliki peran sentral dalam membentuk \r\nkepribadian siswa melalui keteladanan. Kepribadian, dalam khazanah Islam \r\ntercermin dalam kondisi jiwa yang Sangat Damai, yakni nafs Muthmainnah, \r\nRadhiah, Mardhiah, dan Kamilah, yang tampak dalam kesungguhan, kejujuran, \r\npemahaman nilai-nilai Islami, dan kesadaran akan pengawasan Ilahi. Untuk \r\nmengembangkan kepribadian Islami tersebut diperlukan waktu yang panjang dan \r\npeta yang akurat berdasarkan keadaan kondisi pribadi masing-masing guru. \r\nBerdasarkan kebutuhan tersebut, penelitian bertujuan untuk mengembangkan model \r\npenilaian kepribadian Islami yang relevan, valid, reliabel, efektif, layak, dan \r\naplikatif. Model ini diharapkan menjadi alat penilaian akurat yang dapat digunakan \r\nguru untuk mengembangkan kepribadian secara berkelanjutan menuju kepribadian \r\nIslami yang sangat damai.\r\nModel dikembangkan menggunakan pendekatan Design and Development \r\n(D&D) dengan model ADDIE dan divalidasi melalui metode kuantitatif dan \r\nkualitatif. Prosedur penelitian adalah: (1) Identifikasi kebutuhan; (2) Merumuskan \r\nmodel; (3) Diskusi dengan pakar dan revisi sesuai masukan; (4) Model diuji oleh \r\nahli dan dianalisis menggunakan Indeks Aiken; (4) Uji coba terbatas dengan 78 \r\nresponden guru Madrasah Aliyah Swasta di DIY; (5) Setelah Revisi berdasarkan uji \r\ncoba, data yang didapatkan dianalisis dengan uji psikometrik melalui Confirmatory \r\nFactor Analysis (CFA) dan Item Response Theory (IRT) dengan Generalized Rating \r\nModel (GRM) dengan bantuan Program R; (6) Penerapan dilakukan kepada sampel \r\nberjumlah 132 Guru MAN di DIY yang ditentukan dengan teknik Cluster Simple \r\nRandom Sampling; dan (7) Validasi konteks dan diseminasi dilakukan melalui \r\nFocus Group Discussion (FGD) bersama guru madrasah di 4 kabupaten dan 1 kota \r\ndi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Data hasil FGD dan wawancara dilakukan \r\ndengan teknik analisis data Interaktif.\r\nHasil penelitian menujukkan bahwa Model Penilaian Kepribadian Islam \r\nyang relevan bagi guru aliyah mempunyai tiga dimensi, yaitu: (1) Aqliyah atau \r\nkognitif spiritual, yang mengukur aspek Mengenal Diri, Mengenal Allah, dan \r\nMengenal Dunia; (2) Nafsaniyah atau afektif spiritual, yang mengukur aspek \r\nAmmarah, Lawwamah, Mulhimah, Muthmainnah, Radhiyah, Mardhiyah, dan \r\nKamilah; dan (3) Akhlaqiyah atau psikomotorik etis yang mengukur aspek Dzalimul \r\nLinafsih, Muqtashid, dan Sabiqul Khairat. Model memenuhi kriteria validitas dan \r\nreliabilitas, dengan nilai fit indices yang sangat baik (CFI > 0.9) dan konsistensi \r\ninternal tinggi (α > 0.8). Model Penilaian Kepribadian Islami menunjukkan tingkat \r\niii\r\nefektivitas yang tinggi, dengan memenuhi 90% standar kelayakan psikometrik\r\ndan 92% kelayakan prosedur pengembangannya. Profil kepribadian Islami guru \r\nMAN di DIY menunjukkan mayoritas guru berada dalam kategori Damai, tidak ada \r\nsatupun berkategori Sangat Damai, dan 1 guru berkategori Belum Damai. \r\nBerdasarkan hasil Focus Group Discussion (FGD), penerimaan guru terhadap \r\nmodel penilaian ini sangat positif, dengan beberapa temuan: (1) Guru menilai bahwa \r\nmodel ini bermanfaat, relevan, dan mendalam secara spiritual; (2) Instrumen \r\ndianggap mampu menjadi alat refleksi diri dan muhasabah, bukan hanya alat ukur \r\nteknis. Temuan baru dari penelitian ini meliputi: (1) Formulasi tiga dimensi \r\nkepribadian Islami yang terintegrasi dan operasional, dengan indikator yang dapat \r\ndiukur dan diuji secara empiris belum ditemukan pada model-model kepribadian \r\nyang ada sebelumnya, baik dalam literatur Islam maupun pendekatan psikologi \r\nBarat; (2) Klasifikasi hasil pengukuran dalam empat kategori baru: Sangat Damai, \r\nDamai, Kadang Damai, dan Belum Damai yang menekankan aspek ketenangan jiwa \r\nsebagai indikator keberhasilan pengembangan kepribadian Islami; (3) Temuan \r\nkontekstual dari FGD, seperti pentingnya niat mengajar, keteladanan spiritual, dan \r\nmakna “damai batin” sebagai wujud aktualisasi kepribadian Islami, memperkaya \r\nkerangka teoritis dan memperkuat relevansi model dengan praktik. Pemaknaan \r\nmodel sebagai alat muhasabah spiritual, bukan hanya sekadar alat ukur teknis \r\nmenjadikan model berfungsi sebagai instrumen reflektif dan formatif dalam\r\npembinaan kompetensi kepribadian guru madrasah Aliyah."^^ . "2025-07-15" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Lukman"^^ . "Lukman"^^ . "Lukman Lukman"^^ . . "Marsigit"^^ . "Marsigit"^^ . "Marsigit Marsigit"^^ . . . . . . "Model Penilaian Kepribadian Islami Guru Madrasah Aliyah Negeri di \r\nDaerah Istimewa Yogyakarta. (Text)"^^ . . . "disertasi_lukman_18701264003.pdf"^^ . . "HTML Summary of #88217 \n\nModel Penilaian Kepribadian Islami Guru Madrasah Aliyah Negeri di \nDaerah Istimewa Yogyakarta.\n\n" . "text/html" . . . "Agama"@en . . . "Pendidikan Menengah"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . . . "Studi Islam" . .