<> "The repository administrator has not yet configured an RDF license."^^ . <> . . . "Model Evaluasi Program Pembelajaran Biologi dengan\r\nPendekatan Interdisipliner di SMA."^^ . "Penelitian dan pengembangan ini bertujuan untuk: (1) menghasilkan desain \r\nmodel evaluasi untuk mengetahui keberhasilan pembelajaran biologi interdisipliner \r\ndi SMA, (2) menghasilkan informasi mengenai kualitas model tersebut, (3) \r\nmendeskripsikan kepraktisan model, dan (4) mendeskripsikan hasil evaluasi \r\npembelajaran biologi di SMA dengan model yang dikembangkan.\r\nPenelitian dan pengembangan ini dilaksanakan dengan langkah analyze, \r\ndesign, develop, implement, dan evaluate. Desain model dikembangkan \r\nberdasarkan studi literatur dan analisis kondisi lapangan. Uji kualitas model \r\ndilakukan pada buku model, panduan penggunaan model, dan instrumen dengan \r\npembuktian validitas dan estimasi reliabilitas. Penilaian buku model dan panduan \r\npenggunaan model dilakukan oleh 10 ahli. Pembuktian validitas isi instrumen oleh \r\n6 pakar di bidang evaluasi pendidikan, pengukuran, dan pembelajaran biologi, serta \r\nuji keterbacaan oleh 3 guru dan 28 peserta didik. Hasil penilaian buku dianalisis \r\nsecara deskriptif kuantitatif dan hasil penilaian instrumen dianalisis dengan rumus \r\nAiken V. Uji coba dilakukan pada 414 peserta didik dari 5 SMA di DIY dan \r\nhasilnya digunakan untuk membuktikan validitas konstruk dengan CFA. Estimasi \r\nreliabilitas instrumen diperoleh dari nilai loading factor dan indeks kesalahan tiap \r\nobserved variabel. Uji kepraktisan dilakukan dengan cara mewawancarai pengguna \r\nmodel dengan hasil wawancara diolah secara deskriptif kualitatif. Model dan \r\ninstrumen yang berkualitas diimplementasikan untuk mengevaluasi pembelajaran \r\nbiologi interdisipliner. Hasil implementasi diolah dalam Ms.Excel yang mewadahi \r\nmodel sehingga dapat diketahui keputusan akhir dan rekomendasi evaluasi. \r\nHasil penelitian dan pengembangan adalah berikut: (1) Dihasilkan model \r\nevaluasi yang diberi nama EPABINTER. Model EPABINTER merupakan \r\nseperangkat alat dan cara untuk mengevaluasi program pembelajaran biologi \r\ndengan pendekatan interdisipliner di SMA. Aspek pembelajaran yang dievaluasi \r\nadalah sumber daya, implementasi instruksional, hasil instruksional, dan \r\nkebermanfaatan program pembelajaran. Setiap aspek evaluasi terkandung objek, \r\nteknik, instrumen, waktu, dan penanggung jawab evaluasi; (2) Dihasilkan model\r\nyang berkualitas dan instrumen yang memenuhi validitas isi, validitas konstruk, \r\nserta memenuhi estimasi reliabilitas yang tinggi; (3) Dihasilkan model yang praktis \r\nkarena mendukung dilaksanakannya evaluasi secara murah, mudah, namun tetap \r\nintegratif, objektif, dan komprehensif; serta (4) Model diimplementasikan pada \r\nsekolah yang menerapkan pembelajaran biologi dengan pendekatan interdisipliner \r\ndan dihasilkan informasi bahwa rata-rata skor hasil evaluasi sekolah yang lebih \r\ndahulu mengimplementasikan pembelajaran biologi interdisipliner lebih tinggi \r\ndibandingkan sekolah yang baru dalam mengimplementasikan pendekatan \r\ninterdisipliner."^^ . "2025-07-08" . . . "Sekolah Pascasarjana"^^ . . . "Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Sekolah Pascasarjana"^^ . . . . . . . . . . . . "Kintan"^^ . "Limansi"^^ . "Kintan Limansi"^^ . . "Suranto"^^ . "Suranto"^^ . "Suranto Suranto"^^ . . . . . . "Model Evaluasi Program Pembelajaran Biologi dengan\r\nPendekatan Interdisipliner di SMA. (Text)"^^ . . "HTML Summary of #88216 \n\nModel Evaluasi Program Pembelajaran Biologi dengan \nPendekatan Interdisipliner di SMA.\n\n" . "text/html" . . . "Biologi"@en . . . "Evaluasi Pendidikan" . .