eprintid: 88215 rev_number: 9 eprint_status: archive userid: 1290 dir: disk0/00/08/82/15 datestamp: 2025-10-22 04:18:31 lastmod: 2025-10-22 04:18:31 status_changed: 2025-10-22 04:18:31 type: thesis metadata_visibility: show creators_name: Imawan, Okky riswandha creators_name: Retnawati, Heri title: Pengembangan Asesmen Literasi Matematika dengan Metode Fuzzy C-Mean (FCM) Menggunakan Platform Computerized Adaptive Testing (CAT). ispublished: pub subjects: F4 subjects: ep subjects: media_pend divisions: pps_lit_evazdik full_text_status: restricted keywords: Asesmen, CAT, FCM, Literasi matematika abstract: Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Memperoleh asesmen metode FCM untuk tes literasi matematika berbasis CAT (ALFA-CAT); (2) Mendapatkan konstruk instrumen literasi matematika mahasiswa S1 PGSD; (3) Memperoleh instrumen literasi matematika yang berkualitas untuk mahasiswa S1 PGSD; dan (4) Mendapatkan ALFA-CAT yang performanya baik. Penelitian ini berjenis R&D dengan implementasi 2 model pengembangan, yaitu pengembangan instrumen dengan model Oriondo & Dallo-Antonio, pengembangan asesmen berbasis CAT dengan model waterfall dari Pressman, dan implementasi kombinasi keduanya disebut model ALFA-CAT. Pengembangan instrument dilakukan dua tahap, yaitu ujicoba (116 mahasiswa, 1 dosen, 1 universitas) dan implementasi (1028 mahasiswa, 4 dosen, 4 universitas). Instrument hasil implementasi ini diseleksi dengan ketat dari 230 hingga tersisa 213 untuk dijadikan bank soal CAT. Pengembangan CAT dilakukan beberapa tahap, yaitu ujicoba 1 dan 2 (totalnya 61 mahasiswa, 3 dosen, 3 universitas) dan implementasi (33 mahasiswa, 2 dosen, 2 universitas). Validitas isi/konten instrument melibatkan 5 ahli psikometri dan matematika, dilengkapi dengan validitas konstruk menggunakan CFA. Validasi CAT melibatkan 3 ahli pemrograman dan psikometri. Reliabilitas instrument diestimasi dengan beberapa cara, utamanya dengan Cronbach Alpha (�). Karakteristik butir instrument diperoleh dengan analisis IRT 2 PL. Kesetaraan antar paket soal dianalisis dengan Equating. Analisis klaster terhadap kemampuan literasi matematika menggunakan FCM. Hasil penelitian ini yaitu: (1) ALFA-CAT berhasil dikembangkan dengan baik ditinjau dari tujuannya, data dan atributnya, parameternya, algoritmanya, serta interpretasi keputusan asesmennya; (2) Konstruk instrumen literasi matematika untuk mahasiswa S1 PGSD berhasil didapatkan yaitu uji CFA menunjukkan keseluruhan paket soal memiliki konstrak yang sesuai; (3) Instrumen literasi matematika yang berkualitas untuk mahasiswa S1 PGSD berhasil diperoleh, di mana terbukti validitasnya tinggi dan terestimasi reliabilitasnya juga tinggi (� > 0,9). Seleksi soal menghasilkan 213 soal yang valid dan bebas bias, setelah menghapus soal-soal yang bermasalah dengan seleksi ketat (parameter 0,3 ≤ a ≤ 3, −3 ≤ b ≤ 3, dan DIF gender). Equating menunjukkan adanya kesetaraan kesulitan antara 5 paket soal dan 5 anchor; serta (4) ALFA-CAT terbukti lebih efisien dari metode konvensional tanpa perbedaan signifikan pada nilai peserta meskipun menggunakan soal dan waktu yang lebih sedikit. Selain itu, penggunaan metode EAP, metode Maximum Information, dan FCM dalam CAT memastikan asesmen kemampuan yang akurat dan memberikan feedback yang lengkap bagi peserta. Penggunaan FCM menghasilkan klasterisasi kemampuan yang fleksibel, selaras dengan prinsip asesmen adaptif berbasis CAT. date: 2025-07-04 date_type: published institution: Sekolah Pascasarjana department: Penelitian dan Evaluasi Pendidikan thesis_type: disertasi citation: Imawan, Okky riswandha and Retnawati, Heri (2025) Pengembangan Asesmen Literasi Matematika dengan Metode Fuzzy C-Mean (FCM) Menggunakan Platform Computerized Adaptive Testing (CAT). S3 thesis, Sekolah Pascasarjana. document_url: http://eprints.uny.ac.id/88215/1/disertasi_okky%20riswandha%20imawan_21701261004.pdf